Ini 10 Fenomena Alam Langka yang Telah dan Akan Terjadi di Tahun 2021 (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Fenomena Alam Langka yang Telah dan Akan Terjadi di Tahun 2021 - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Hujan Meteor Draconid - 8 Oktober

Hujan meteor menjadi fenomena yang kemunculannya akan cukup sering di tahun 2021. Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai hujan meteor perseid, yang berikutnya adalah hujan meteor draconid. Hujan meteor draconid diprediksi akan terjadi pada 8 Oktober. Mengenai jumlahnya, jumlah hujan meteor draconid tidak sebanyak perseid.

Hujan meteor draconid diperkirakan hanya sekitar 10 sampai 15 bintang yang jatuh setiap jamnya. Hujan meteor ini datang dari partikel koment 21P/Giacobini-Zinner. Semakin gelap langit malam, maka akan semakin terlihat jelas fenomena hujan meteor ini. Nama draconid diambil dari konstelasi bintang yang dinamakan Draco, the dragon.

Kemunculan Planet Neptunus - 14 September

Neptunus merupakan planet terjauh urutan kedelapan bila diukur dari Matahari. Namanya diambil dari dewa laut Romawi, berwarna biru, dan memiliki ukuran 17 kali lebih besar dari Bumi. Sangat sulit bagi kita untuk bisa melihat keberadaan planet besar satu ini. Namun pada 14 September, diperkirakan kita bisa melihat seperti apa planet Neptunus.

Pada tanggal tersebut, Neptunus akan muncul pada malam hari dan menghadap seberang Matahari. Karena kondisi malam dan warnanya yang biru terang, besar kemungkinan planet ini bisa terlihat. Untuk bisa melihat Neptunus, kalian perlu mencari konstelasi bintang Aquarius, turunkan pandangan ke bintang Phu Aquarii, maka kalian bisa melihat planet Neptunus.

Gerhana Bulan Parsial - 19 November

Fenomena gerhana bulan bisa terjadi pada saat Matahari menyinari Bumi dan bayangannya jatuh di permukaan Bulan. Membuat penampakan Bulan tertutup. Bisa tertutup sebagian (parsial) atau bisa juga tertutup sepenuhnya, atau yang biasa disebut dengan gerhana bulan total. Tepat pada tanggal 19 November nanti, momen gerhana bulan parsial akan terjadi.

Bisa dibilang ini adalah fenomena gerhana bulan terakhir sepanjang tahun 2021. Jadi amat disayangkan bila kalian sampai melewatkan kesempatan ini. Negara yang diperkirakan bisa melihat fenomena ini meliputi Amerika Selatan, Amerika Utara, Australia, sebagian Eropa, dan Asia. Diperkirakan 95% area Bulan akan tertutup oleh bayangan Bumi. Gerhana bulan parsial akan terjadi pada jam 2:18 EST.

Hujan Meteor Geminid - 13-14 Desember

Hujan meteor perseid dan draconid sudah dibahas, fenomena hujan meteor selanjutnya yang mungkin akan terjadi di tahun 2021 ini adalah hujan meteor geminid. 

Menurut perkiraan, hujan meteor geminid akan terjadi di pertengahan bulan Desember, yakni antara tanggal 13 sampai 14 Desember. Tentu saja momen ini bisa disaksikan dengan jelas pada saat langit gelap.

Apabila langit malam terlihat cerah, maka hujan meteor geminid pasti akan terlihat. Disarankan bagi yang mau melihat fenomena ini untuk mengamati langit malam sebelum fajar di tanggal 14 Desember. Nanti kalian akan melihat ratusan meteor jatuh menghiasai langit malam. Hujan meteor ini akan berwarna hijau, diakibatkan oleh asteroid 3200 Phaethon yang ditemukan pada tahun 1983.

Supermoon - 25 Mei

Ketika Bulan berputar mengitari Bumi dan mencapai titik terdekat, kita bisa melihat Bulan dalam ukuran terbesarnya. Momen inilah yang disebut supermoon. Fenomena supermoon bukan cuma terjadi sekali, tapi bisa berkali-kali. Dan untuk kali ini, fenomena supermoon akan terjadi pada tanggal 25 Mei.

Pada tanggal 25 Mei jam 10 PM EDT, Bulan akan berada sekitar 357.311 km dari Bumi. Di saat inilah kita bisa melihat ukuran terbesar Bulan. Kemunculan Bulan pada titik terdekat ini bisa mengakibatkan air laut naik dan kemungkinan banjir. Ini karena bukan cuma Bumi saja yang memiliki gravitasi, tapi Bulan juga sama.

Related

Science 5426172417387214396

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item