Ini 11 Makanan Alami yang Punya Kemampuan seperti Obat


Naviri Magazine - Alam yang kita tinggali memang mengagumkan. Selain menyediakan berbagai kebutuhan pangan untuk kehidupan sehari-hari, berbagai sumber pangan yang dihasilkannya juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Sebagian makanan bahkan memiliki kemampuan seperti obat, yaitu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini di antaranya.

Ceri

Buah ceri berkalori rendah, namun kaya nutrisi. Buah ini sangat berkhasiat dalam mencegah kanker dan inflamasi, karena mengandung asam ellagic dan quercetin yang ampuh menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

Jambu merah

Radikal bebas adalah penyebab berbagai masalah dan penyakit, karena menyumbat pembuluh darah, memicu kanker, kulit keriput, serta masalah saraf. Jambu merah mengandung likopen yang bermanfaat dalam memerangi radikal bebas.

Buncis

Buncis mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya meregulasi insulin, menjaga produksi gula darah, serta mencegah kanker.

Kiwi

Penelitian menunjukkan, buah kiwi dapat membantu mencegah kanker, stroke, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan lainnya. Selain itu, buah kiwi juga mampu menurunkan risiko kerusakan DNA. 

Bayam

Bayam merupakan makanan dengan khasiat anti-inflamasi yang mengandung vitamin C, A, K, zat besi, magnesium, folat, dan kalsium. Sayuran hijau yang terkenal ini membantu menunjang kesehatan mata, mencegah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Selain itu, bayam juga membantu mencegah penyakit demensia serta serangan jantung. 

Selada air

Dibandingkan bayam, selada air mengandung zat besi lebih banyak. Selain itu, sayuran ini juga kaya vitamin C yang setara dengan jeruk, vitamin K, dan vitamin A, serta antioksidan. Mengonsumsi selada air secara teratur bisa membantu melindungi tulang, meningkatkan sistem imun, dan mencegah Anda dari serangan penyakit kanker.

Bawang bombay

Bawang bombay baik dikonsumsi untuk mencegah kanker prostat, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta pengeroposan tulang.

Wortel

Wortel mengandung karotenoid, kalium, kalsium, magnesium, serat, fosfor, vitamin C, dan vitamin A. Wortel membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker serviks, kanker kandung kemih, kanker prostat, masalah tenggorokan, dan usus besar. 

Kubis

Kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, mangan, dan lainnya dalam kubis merupakan nutrisi yang ampuh dalam mengusir radikal bebas dari dalam tubuh Anda.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan. Di dalam brokoli terkandung vitamin A, B, K, zat besi, sulfur, serat, folat, dan nutrisi lainnya, yang ampuh melindungi tubuh dari kanker kulit, lambung, prostat, payudara, dan kanker serviks.

Kale

Tak jauh beda dengan brokoli, kale juga sangat berkhasiat dalam melindungi tubuh dari kanker lambung, prostat, payudara, dan kanker kulit. Hal itu dimungkinkan, karena kale mengandung vitamin A, K, C, zat besi, dan kalsium.

Related

Health 6802778350986103991

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item