Ini 10 Produk Penting yang Lahir Sepanjang Perjalanan Karir Steve Jobs


Naviri Magazine - Steve Jobs adalah salah satu pendiri perusahaan Apple, yang belakangan sangat berpengaruh di dunia teknologi, bahkan setelah Steve Jobs meninggal. Dalam perjalanan kariernya, Steve Jobs pernah dipecat dari perusahaan yang didirikannya sendiri, meski belakangan ia kembali memimping perusahaan tersebut.

Sepanjang kariernya di dunia teknologi, Steve Jobs telah melahirkan atau membantu melahirkan produk-produk penting yang berpengaruh bagi dunia, dan berikut ini uraiannya.

Apple I (1976)

Produk pertama Apple adalah komputer untuk yang memiliki hobi enginer, dibuat dalam jumlah kecil. Yang merancang komputer tersebut adalah Steve Wozniak, dan Steve Jobs mengatur masalah pendanaan serta menangani pemasarannya.

Apple II (1977)

Apple II merupakan salah satu PC pertama yang sukses. Apple II dirancang sebagai produk untuk pasar, bukan dijual hanya pada kalangan tertentu saja.

Lisa (1983)

Suatu waktu, Jobs mengunjungi research center Xerox di Palo Alto, dan sejak itu dia terinspirasi untuk membuat komputer komersial pertama dengan user interface grafis. Tapi sayangnya harga Lisa terlalu mahal sehingga tidak sukses di pasaran.

Macintosh (1984)

Sama seperti Lisa, Macintosh memiliki user interface grafis, harganya lebih murah dari Lisa, selain itu didukung dengan promosi yang besar-besaran.

NeXT computer (1989)

Jobs dipaksa keluar dari Apple, kemudian mendirikan sebuah perusahaan workstation computer. Namun, perusahaan itu tidak mampu menjual dalam jumlah besar.

iMac (1998)

Jobs kembali ke Apple pada tahun 1996, saat perusahaan hampir tenggelam, dengan pangsa yang menyusut di pasar OC. Kehadiran iMac merupakan langkah pertama yang membalikkan situasi. Dengan desian yang mencolok karena dirancang dengan gelembung plastik biru yang menutupi komputer dan monitor.

iPod (2001)

iPod bukan pemutar musik digital pertama dengan hard drive, tetapi perangkat itulah yang pertama sukses. Apple melakukan ekspansi ke elektronik portabel. Keberhasilan iPod menyiapkan jalan untuk iTunes dan iPhone.

iTunes store (2003)

Sebelum adanya toko musik iTunes, membeli musik digital sangat rumit sekali, sehingga melakukan pembajakan jadi pilihan populer saat itu. Kehadiran iTunes memudahkan pengguna untuk membeli musik dari semua label. iTunes menjadi ritel musik terbesar di AS pada 2008.

iPhone (2007)

iPhone membuat pengalaman baru dalam berkomunikasi. Apple kini pembuat smartphone yang paling berpengaruh sejak meluncurkan iPhone.

iPad

Puluhan perusahaan termasuk Apple telah menciptakan komputer tablet sebelum iPad. Namun, kehadiran iPad akhirnya memecahkan kebekuan tablet, bahkan iPad mampu menjadi pembangkit gairah pasar untuk seluruh komputer tablet.

Related

Technology 7728947344645447147

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item