Ini 6 Langkah Penting untuk Menentukan Bisnis yang akan Dijalankan



Naviri Magazine - Proses enam langkah berikut ini dapat digunakan sewaktu menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan:

Langkah 1: Membuat daftar problem di pasar

Langkah 2: Mengidentifikasi peluang bisnis yang bersangkutan

Langkah 3: Menentukan kemampuan dan sumber daya yang dibutuhkan

Langkah 4: Memproyeksikan dimensi finansial dari peluang-peluang yang masih ada

Langkah 5: Membuat urutan peluang menurut keinginan pribadi, nilai finansial, dan penaksiran risiko

Langkali 6: Memilih peluang bisnis yang akan dikejar

Setelah Anda mengidentifikasi peluang, mengevaluasi kemampuan Anda, dan menentukan profitabilitas potensial bagi setiap usaha bisnis, barulah Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Untuk lebih jelas, berikut ini uraian dari masing-masing langkah tersebut.

Langkah 1 
Membuat daftar problem di pasar

Dimulai dengan mendengar atau melihat apa yang sedang berlangsung di pasar. Perlu membuat daftar bidang di mana kebutuhan orang-orang tidak dipenuhi dengan cukup baik atau tidak sama sekali. Terutama penting bagi Anda agar tidak membatasi diri hanya pada satu jenis produk, jasa, atau daerah geografis tertentu. Anda harus memiliki pikiran terbuka dan dasar persepsi yang luas.

Langkah 2
Mengidentifikasi peluang bisnis yang bersangkutan

Perhatian sekarang diarahkan kepada apakah setiap problem atau kesenjangan dapat diubah menjadi peluang bisnis. Salah satu hal yang menarik mengenai langkah ini adalah bahwa setiap problem atau kesenjangan dapat membantu terbentuknya banyak peluang bisnis yang berbeda. Ini membutuhkan pikiran yang terbuka dan kekuatan mental.

Langkah 3
Menentukan kemampuan dan sumber daya yang dibutuhkan

Proses ini dapat dipercepat dengan dua cara. Pertama, jika Anda memiliki latar belakang yang kuat untuk memulai dan mengelola suatu usaha, Anda dapat menyewa para spesialis untuk menangani segi teknis bisnis. Kedua, Anda dapat mengajak seorang mitra yang mempunyai pengalaman teknis yang baik, atau dengan menyewa orang lain.

Langkah 4
Memproyeksikan dimensi finansial dari peluang-peluang yang masih ada

Mencakup menentukan tingkat yang diharapkan dalam penjualan, pengeluaran, laba, prasyarat modal awal, dan  arus kas yang diproyeksikan bagi setiap bisnis.

Langkah 5
Membuat urutan peluang menurut keinginan pribadi, nilai finansial, dan penaksiran risiko

Setiap peluang yang ada harus diurutkan menurut nilai finansialnya. Ini mencakup penetapan target laba minimal, atau pendapatan atas investasi. Sekali pun peluang yang tersisa sampai kini tampak memiliki potensi laba, Anda mungkin perlu mencoret usaha-usaha yang tidak akan menghasilkan tingkat laba yang memadai untuk menyokong risiko yang ditanggung

Langkali 6
Memilih peluang bisnis yang akan dikejar

Jika proses enam langkah ini telah mengidentifikasi suatu peluang yang menarik, kini Anda berada pada posisi siap untuk beralih ke langkah selanjutnya, yaitu membangun suatu bisnis yang akan memberi Anda peluang masuk akal untuk mengatasi rintangan.

Related

Tips 1885428917314293286

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item