Keunikan Panda: Setengah Hidupnya Hanya untuk Makan, Setengahnya Lagi untuk Buang Air Besar


Naviri Magazine - Panda merupakan binatang lucu dan menggemaskan yang berasal dari daratan China. Walaupun mereka terlihat lucu, namun ternyata mereka juga karnivora yang berbahaya jika merasa terancam di alamnya. Namun pernahkah kamu melihat panda melakukan hibernasi? 

Panda memang mempunyai sistem pencernaan hewan karnivora seperti pada umumnya. Namun karena mereka bukan predator yang andal, dan cenderung malas, biasanya mereka lebih memilih memakan bambu untuk makanan mereka di alam liar. Hal ini juga ternyata sebagai salah satu diet yang dilakukan panda untuk mencegah mereka dalam tidur panjang atau hibernasi. 

Hampir lebih dari 99% makanan panda pada umumnya adalah bambu. Makanan ini tidak akan membuat mereka mampu melakukan hibernasi, karena energi yang tidak cukup untuk tidur tanpa makan sekalipun dalam berbulan-bulan atau bahkan berhari-hari. 

Dalam hidupnya, panda hampir selalu menghabiskan waktu untuk bersantai dan jarang berlarian untuk mencari makan atau hal lainnya. Panda terkenal sebagai hewan yang tidak pernah berburu, dan dikenal sebagai binatang rakus yang memakan bambu setiap hari. Dalam sehari, pada umumnya panda bisa menghabiskan sampai 18 kg bambu sebagai makanannya, hanya bambu. 

12 sampai 16 jam waktu yang dimiliki panda dalam sehari dihabiskan hanya untuk makan. Biasanya mereka membutuhkan 8 sampai 12 jam dalam sehari untuk tidur serta mengembalikan energi mereka, yang akan mereka gunakan lagi untuk makan. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa dalam sehari, panda juga mampu melakukan buang air besar sampai 40 kali. Hal yang cukup masuk akal jika ada 18 kg bambu masuk ke tubuh mereka.

Related

Science 860774930657985091

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item