Inilah 10 Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Sejarah


Naviri Magazine - Dari zaman ke zaman, bumi yang kita tinggali telah berulang kali mengalami bencana alam. Dari gunung meletus, badai tornado, banjir besar dan tsunami, hingga kebakaran. Sebagian bencana itu bisa dibilang kecil, sementara sebagian lain sangat besar. Dan dari banyak bencana besar yang pernah terjadi, inilah sepuluh bencana alam paling dahsyat sepanjang sejarah.

Peshtigo Wildfire (8 Oktober 1871)

Kebakaran yang terjadi di Peshtigo, AS, menyebabkan hangusnya lebih dari 1 juta hektare tanah disana. Kebakaran ini dinobatkan sebagai kebakaran hebat sepanjang sejarah Amerika. Percikan api ditambah angin yang kencang sempat membuat "tornado api" di tempat kejadian, dan 1.200 orang menjadi korban.

Storm of the Century (12-15 Maret 1993)

Sebelas tornado, dengan kekuatan badai yang membawa bebatuan es, menghantam seluruh bagian Kanada, Amerika Serikat dan Kuba. Karena kekuatan badai yang begitu besar, badai ini hingga sekarang disebut "superstorm." Badai ini menyebabkan kerugian sebesar 6 milyar dolar, dan menyebabkan 300 korban meninggal.

Great Chilean Quake (22 Mei 1960)

Gempa yang satu ini bukan gempa yang paling mematikan atau paling menghancurkan dalam sejarah. Tapi gempa ini memiliki kekuatan 9,5 magnitude (bisa dirasakan guncangannya). Terjadi di Valdivia, Chili, gempa tersebut menyebabkan 1.600 orang tewas.

The Super Outbreak (3-4 April 1974)

Sebanyak 148 tornado memporakporandakan 13 negara bagian di Amerika. Badai ini tidak berlangsung dalam 1-2 jam saja, tapi selama 24 jam penuh. Akhirnya, pada tahun 1974, berita resmi mengumumkan korban meninggal sebanyak 330 orang dan 5.000 orang terluka. Jika 148 tornado tersebut digabungkan, maka akan tercakup badai seluas 2,500 mil/segi.

Tangshan Earthquake (1976)

Gempa Sichuan menewaskan 69.000 orang. Tapi, meskipun gempa Sichuan sangat mematikan, gempa tersebut tidak bisa dibandingkan dengan gempa Thangsan pada tahun 1976 di China. Gempa Thangsan menwaskan lebih dari 255.000 orang. Bahkan melalui data resmi, korban meninggal ternyata dua kali lipat dari jumlah tersebut. Gempa Thangsan berkekuatan 7,5 Skala Richter.

Pompeii (79 M)

Bencana ini terjadi sekitar 2.000 tahun lalu, yaitu tahun 79 M. Ada sebuah gunung berapi bernama Vesuvius yang meletus pada hari itu, selama 1 hari penuh, dan mengeluarkan abu serta zat beracun yang sangat banyak, hingga mengubur kota yang saat itu dinamakan Pompei (peristiwa ini disebut pyroclastic flow).

Krakatau (26-27 Agustus 1883)

Ketika Krakatau meledak di ledakan ke-4 pada Agustus 1883, gunung itu melepaskan 3 kubik mil magma, yang sama dengan kekuatan energi 1 bom atom. Letusannya terdengar hingga ribuan mil jauhnya. 

Ledakannya menggemparkan seluruh negara lautan pasifik, menyebabkan pulau Krakatau tenggelam hingga ke dasar laut, dan menenggelamkan lebih dari 100 pulau di sekitarnya, juga menyebabkan 36.000 korban meninggal yang kebanyakan disebabkan oleh tsunami. 

Abu dari ledakan Krakatau bahkan sampai ke New York melalui udara dan lautan, sehingga menyebabkan penurunan suhu di seluruh dunia selama setahun.

Hurricane Katrina (Agustus 2005)

Lima badai Katrina yang langsung menghajar Gulf Coast pada Agustus 2005 merupakan hal yang tidak asing lagi. Lebih dari 1.800 orang meninggal karena badai Katrina yang menghajar bangunan-bangunan di sana, yang dibangun tanpa bisa menahan kekuatan badai tersebut. 

Sebanyak 80% daerah New Orleans tergenang air dan daun-daun dari ranting pohon yang berterbangan sangat jauh. Merupakan sebuah peringatan dari alam agar selalu waspada bencana alam yang kita tidak pernah tahu kapan datangnya.

Indian Ocean Tsunami (26 Desember 2004)

Peristiwa ini diawali dengan gempa bumi yang sangat besar. Gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter mengguncang Sumatra, yang berada di kepulauan Indonesia. Gempa tersebut terjadi selama 8 menit yang mematikan. Bagaimanapun, gempa sebesar itu masih merupakan awal dari segala bencana. 

Setelah beberapa saat, Tsunami yang tercatat terkuat dalam sejarah pun terbentuk dan menuju ke 14 negara berbeda. Korban tewas sebanyak 230.000 jiwa. Tinggi level air di dunia sempat naik drastis beberapa kaki dalam beberapa hari. Hal tersebut akhirnya terukir dalam sejarah sebagai tsunami terkuat yang pernah ada.

The Great Flood 

Mungkin ini kejadian sejarah atau malah cerita sejarah, tentang kejadian penyucian seluruh dunia. Banjir mematikan terjadi di seluruh dunia, dan sebagian selamat berkat Noah's Ark yang berlayar dengan ras Sumerian, Indian, Native American, dan masih banyak lagi. 

Related

History 6578227964678231958

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item