Inilah Jenis-jenis Ras Kucing Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah Jenis-jenis Ras Kucing Paling Terkenal di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Exotic cat

Kadang pula disebut Exotic Shorthair, kucing ini memiliki penampilan yang mirip dengan kucing Persia. Mereka suka bermain-main dengan tuannya, meski cenderung pendiam atau jarang sekali memperdengarkan suara.

Bila berkumpul dengan sesama kucing, Exotic Cat akan terlihat ramah serta penuh kasih sayang. Namun, meski begitu, kucing ini juga lincah ketika mengejar tikus. Mereka memiliki kelenturan tubuh serta vitalitas yang energik, sekaligus kelembutan bulu-bulu yang menyenangkan untuk dibelai.

Savannah cat

Savannah cat atau kucing savana adalah salah ras kucing terbesar dalam jenis kucing peliharaan. Dipercaya, kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing serval dan kucing domestik, sehingga diberi nama kucing savana—karena kedua induknya biasa bermain-main di padang rumput atau savana.

Kucing ini memiliki ciri khas yang mirip anjing, yaitu suka mengikuti tuannya ke mana saja. Penampilannya juga sangat ramah, dan mudah akrab dengan hewan lain (sesama kucing). 

Meski ramah terhadap sesama kucing, namun hewan ini tidak mudah akrab dengan orang asing. Ketika bertemu dengan orang yang belum dikenal atau belum pernah dilihatnya, kucing ini akan mengeluarkan suara menggeram.

Yang unik, mereka juga dapat dilatih keterampilan tertentu, semisal menjemput tuannya, atau membuka/menutup pintu lemari. Selain itu, berbeda dengan kebanyakan kucing lain, kucing savana tidak takut air. Pemilik kucing ini bahkan sering mandi bersama si kucing dengan gembira.

Burmese cat

Sebagaimana namanya, Burmese cat atau kucing Burma merupakan ras kucing dari Burma. Mereka memiliki bulu-bulu kuning atau keemasan, dengan mata berwarna biru. Di Amerika, ras kucing ini sering dikawinsilangkan dengan ras kucing siam, dan menghasilkan anak-anak kucing yang memiliki mata berwarna biru atau hijau.

Bulu-bulu kucing Burma pendek-pendek, sehingga tidak terlalu membutuhkan perawatan yang rumit. Selain itu, kucing ini juga “cerewet” atau sering memperdengarkan suara kucing, sebagaimana umumnya kucing siam. Sama pula seperti kucing siam, kucing Burma sangat setia pada tuannya.

Manx cat

Manx dikenal sebagai kucing yang memiliki ciri khas paling unik, yaitu ekornya sangat pendek. Ukuran ekor yang dianggap sangat pendek itu dipercaya sebagai mutasi genetik, dan kucing Manx pun dikenal sebagai kucing berekor pendek.

Kucing ini adalah pemburu yang terampil, dan mereka dapat menghadapi mangsa yang lebih besar. Karena kemampuannya dalam hal tersebut, kucing Manx sering dicari orang-orang yang sedang mengalami masalah hewan pengerat. Jika rumah ditinggali kucing Manx, maka hampir bisa dipastikan rumah itu akan terbebas dari tikus.

Kedua kaki belakang kucing ini lebih panjang dari kaki bagian depannya, dan hal itu menciptakan sebuah lengkungan yang bersinambungan dari bahu ke pantat, dan memberikan penampilan yang tampak bulat. Mereka memiliki warna bermacam-macam, dengan sepasang mata yang ekspresif sekaligus lucu.

Sphynx cat

Disebut pula sebagai kucing Kanada Meksiko, kucing bermata besar ini memiliki ciri khas berupa sedikitnya bulu yang dimiliki. Hewan ini berbulu, namun—jika dibandingkan ras kucing lain—bulunya sangat sedikit dan pendek-pendek atau tipis. 

Karenanya, kucing ini pun akan selalu terasa hangat ketika disentuh atau dipeluk. Orang-orang yang memelihara kucing Sphynx terkadang tidur bersamanya dalam satu selimut.

Selain berbulu tipis, bulu kucing ini juga memiliki pola-pola tertentu, ada yang berupa titik-titik, belang, dan lain-lain. Karena kurangnya bulu pada tubuh mereka, kucing Sphynx tidak membutuhkan perawatan yang macam-macam karena jarang kotor. Mereka dikenal sebagai hewan ekstrover, berenergi, cerdas, dan setia pada tuannya.

Related

Science 2446104099800409142

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item