Kenapa Vaksin Mengandung Unsur Babi, Padahal Masih Ada Hewan yang Lain?


Naviri Magazine - Vaksin COVID-19 AstraZeneca yang diproduksi oleh SK Bioscience di Kota Andong, Korea Selatan, dipersoalkan. Sebab vaksin tersebut mengandung tripsin yang berasal dari babi. Meski demikian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan, vaksin AstraZeneca boleh digunakan karena negara dalam keadaan darurat.

Lantas kenapa hal-hal yang berkaitan dengan obat-obatan atau vaksin selalu mengandung unsur babi? Ustad Ibnu Kharish, atau yang akrab dikenal Ustad Ahong, mengatakan, sebab enzim dari babi yang paling optimal dibanding enzim hewan lainnya. Makanya, unsur babi selalu digunakan dalam hal obat-obatan.

“Waktu istri saya kuliah farmasi, dosennya menjelaskan bahwa enzim dari hewan selain babi itu pernah diuji coba, namun hasilnya tidak seoptimal dari enzim tripsin babi. Maka dari itu, tripsin babi banyak digunakan dalam industri kesehatan, seperti produksi vaksin. Bahkan menurut dosennya, bulu babi juga biasa digunakan untuk sikat gigi, karena bulunya sangat halus. Tripsin babi biasanya diambil dari pankreas atau ususnya,” jelas Ustad Ahong lewat keterangan tertulisnya.

Ustad Ahong menjelaskan, proses unsur babi dipakai untuk vaksin. Dia menjelaskan bahwa tim mengambil sampel virus dari manusia yang sudah positif corona. Manusia itu sebagai inang. Kalau virus sudah terpisah dari inangnya, ia tak akan bisa bertahan lama. Maka dari itu, dilakukanlah pembiakan kembali.

Dia melanjutkan, pembiakan itu biasanya pakai media pertumbuhan, seperti darah, plasma, dll. Untuk mempersingkat pembiakan virus di luar inang, harus pakai katalisator. Salah satu katalisator itu enzim tripsin babi. Setelah itu, dalam waktu kurang dari 5 menit tripsin harus dibersihkan dari inangnya

“Ini agar inang tidak mati. Selanjutnya inang yang sudah terpisah dari Tripsin tadi diisi kode genetik atau resep membuat virus. Di dalam inang tersebut tumbuh virus. Jumlahnya juga sedikit, cuma 10 mililiter atau beberapa tetes dari air gelas mineral yang berisi 240 mililiter,” paparnya.  

Related

Science 8499243542976647543

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item