Kisah 10 Operasi Rahasia dan Penting yang Tercatat dalam Sejarah (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 10 Operasi Rahasia dan Penting yang Tercatat dalam Sejarah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Operasi Payback

Ini merupakan sebuah operasi rahasia dalam pengertian tradisional. Ini adalah serangkaian serangan DoS (Denial of Service) oleh sebuah kelompok yang menamakan dirinya "Anonymous" terhadap banyak situs yang menarik dukungan mereka terhadap Wikileaks setelah bocornya dokumen Perang Irak dan cable leaks pada tahun 2010. Yang menjadi target serangan di antaranya adalah Visa, PayPal dan MasterCard.

Operasi Eiche

Setelah Sekutu menginvasi Sisilia dan meruntuhkan pemerintah Italia, Mussolini ditangkap dan dipenjarakan oleh Raja Victor Emmanuel. Mussolini dipenjarakan di Campo Imperatore Hotel di resor ski Gran Sasso, Italia. 

Otto Skorzeny secara pribadi dipilih oleh Hitler untuk melaksanakan misi dan menyadap pesan kode pihak Italia untuk menemukan keberadaan Mussolini. Skorzeny bergabung dengan pasukan penerjun Luftwaffe ketika mereka mendarat ke gunung terdekat. Mussolini kemudian disambut bak seorang pahlawan di Hotel Imperial, Austria.

Operasi Entebbe

Dilakukan oleh Pasukan Pertahanan Israel, operasi ini dilakukan untuk menyelamatkan 248 orang dari sebuah pesawat Air France di Bandara Entebbe, Uganda. Pesawat telah dibajak oleh Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP) saat melakoni penerbangan dari Athena ke Paris. 

Pada 4 Juli 1976, serangan dilakukan di malam hari dengan 100 pasukan elit Israel setelah mendarat di dekat bandara dengan tiga pesawat transport Hercules. Operasi itu hanya berlangsung 35 menit. Pasukan komando menangkap pembajak, menewaskan tujuh pembajak serta 20 tentara Uganda. Tiga sandera dan pasukan satu komando Israel tewas. Sandera lainnya dibawa ke Israel.

Operasi Neptune Spears/Geronimo

Serangan terhadap tempat perlindungan Osama Bin Laden di kota Bilal, Abbottbad, Pakistan, terjadi pukul 1:00 ketika dinding rumah dilanggar oleh sekitar 20 NAVY SEALS dengan menggunakan bahan peledak. 

Satu unit udara dari komando operasi khusus AS, yang dikenal sebagai Night Stalkers, menyediakan dua Black Hawk dan dua Chinooks sebagai backup. 

SEALS dibagi menjadi dua kelompok: satu kelompok menyasar rumah utama. Kelompok ini menemukan Osama di lantai tiga, tidak bersenjata, dan menembaknya dua kali, satu menghantam sisi kiri kepalanya, yang lain memukul dadanya. 

Setelah serangan itu, pasukan AS membawa mayat Osama ke Afghanistan untuk diidentifikasi, lalu menguburkannya di laut dalam waktu 24 jam setelah kematiannya.

Operasi Valkyrie

Meskipun tidak berhasil membunuh Adolf Hitler, operasi itu adalah operasi yang paling terkenal. Percobaan pembunuhan terhadap pentolan Nazi itu dirancang oleh Claus Von Stauffenberg dan anti-Nazi Jerman lainnya. 

Dengan Invasi Normandia, banyak yang percaya bahwa akhir rezim Nazi itu akan segera datang sekaligus menjadi rencana puncak beberapa kelompok yang ingin menggulingkan rezim Nazi. Diputuskan bahwa Claus yang akan memberikan bom karena ia memiliki akses paling dekat dengan Hitler. 

Akhirnya, pada 20 Juli 1944, Kolonel von Stauffenberg memasuki ruang konferensi, pindah ke dekat Hitler, dan meletakkan tas berisi bom di lantai di samping pemimpin Jerman itu. Beberapa menit kemudian, ia meninggalkan ruangan dengan alasan ada panggilan telepon. 

Hitler kemudian mengetahui bahwa von Stauffenberg telah meletakkan bom sehingga ia meninggalkan ruangan. Kolonel Heinz Brandt menemukan tas berisi bom itu dan menjauhkannya dari Hitler. Ketika bom meledak, Hitler lolos dengan tangan terluka dan gendang telinga rusak.

Related

History 50033284411915919

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item