Masalah Gigi Impaksi dan Tips Mengatasi Perasaan Takut Cabut Gigi


Naviri Magazine - Gigi impaksi yaitu kondisi ketika suatu gigi terhalang untuk muncul keluar gusi dan atau tumbuh ke posisi normalnya. Gigi impaksi paling sering terjadi pada geraham bungsu. Dalam menentukan apakah gigi impaksi perlu dilakukan pencabutan atau tidak, sebaiknya dilakukan pemeriksaan klinis dan radiografis terlebih dahulu. 

Jika hasilnya memang perlu dilakukan pencabutan, Anda tidak perlu cemas. Prosedur pencabutan atau operasi gigi geraham bungsu selalu dilakukan menggunakan anestesi, yaitu pemberian obat untuk mendapat efek rasa baal sehingga tidak terasa sakit selama pencabutan berlangsung. 

Pilihan anestesi yang pertama adalah secara lokal, yang diberikan langsung ke daerah gigi yang akan dilakukan pencabutan. Anestesi lokal didefinisikan sebagai kehilangan sensasi pada area tertentu dan terbatas yang dipersarafi oleh saraf tertentu pada tubuh. 

Pilihan kedua adalah secara umum, yaitu suatu keadaan dimana pasien yang telah diberi anestesi kehilangan semua kesadarannya, dan juga hilangnya fungsi motoriknya. Salah satu pilihan anestesi secara umum dalam kedokteran gigi, untuk menghilangkan rasa sakit adalah menggunakan sedasi. 

Pilihan sedasi antara lain menggunakan Nitrous Oksida (N2O), yaitu pasien dipasangkan sungkup di hidung dan mulut, kemudian dialirkan gas N2O sampai pasien tidak sadarkan diri. 

Teknik hypnodontia juga mulai menjadi pilihan pasien untuk menghilangkan rasa takut dan sakit selama perawatan gigi. Teknik ini menggunakan metode hipnosis. 

Mendatangi klinik gigi yang nyaman, memilih dokter gigi yang telah Anda kenal dengan baik, dan mendengarkan musik kesukaan Anda saat perawatan gigi, merupakan beberapa contoh untuk membantu mengatasi rasa takut akan bayangan rasa sakit yang mungkin dihadapi dalam perawatan gigi. 

Jika Anda masih merasakan ketakutan luar biasa akan rasa sakit yang akan diterima saat dilakukan tindakan pencabutan nanti, mungkin Anda sedang mengalami odontophobia. Sebelum mendatangi dokter gigi, Anda dapat mendatangi psikolog untuk mengatasi odontophobia ini. 

Terakhir, fokuslah akan hasil yang akan diterima. Dokter gigi tidak akan melakukan pencabutan gigi impaksi tanpa alasan yang jelas, dan pasti ada alasan spesifik mengapa perlu dilakukan pencabutan. Rasa sakit yang muncul adalah salah satu indikasi perlunya dilakukan pencabutan gigi. 

Related

Tips 2479922189499947783

Recent

item