Mengenal Obligasi Konversi untuk Investasi yang Menguntungkan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Obligasi Konversi untuk Investasi yang Menguntungkan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Obligasi konversi ini dibeli oleh perusahaan B. Jumlah saham yang dikonversikan dengan nilai obligasi atau dengan rasio konversi adalah sejumlah Rp. 1.250,- yang besarnya adalah 120 juta lembar saham.

Di dalam kasus di atas itu, maka perusahaan A nantinya akan membayar bunga sebesar Rp. 12 milyar pertahunnya dengan cara pembayaran sejumlah Rp. 6 milyar setiap setengah tahun sekali, yang akan diterima oleh perusahaan B.

Ketika dilakukan konversi pada waktunya, maka perusahaan B akan mendapatkan saham perusahaan A sebanyak 120 juta lembar saham, sehingga hutang perusahaan A kepada perusahaan B menjadi tidak ada lagi. Dalam hal ini, aliran arus kas masuk menjadi tidak ada di perusahaan A, namun terjadi suatu perubahan perpindahan posisi hutang yang berubah menjadi modal setor.

Dalam hal ini, terjadi kenaikan di dalam modal setor sejumlah Rp. 150 milyar yang terdiri atas Rp. 120 milyar sebagai modal disetor dan sebesar Rp. 30 milyar sebagai agio, karena nilai nominal saham sebesar Rp. 1000,- dan nilai jual saham sebesar Rp. 1250,- 

Setelah itu, apabila harga saham di perusahaan A di bursa saham meningkat menjadi Rp. 1600,- maka jumlah saham itu dikalikan dengan harga pasar saham tersebut dengan nilai konversi atau conversion value yang nilainya menjadi sebesar Rp. 192 milyar.

Pemilik obligasi konversi ini tentu saja akan melakukan konversi apabila nilai konversi dari obligasinya lebih tinggi atau harga pasar saham lebih tinggi dari harga konversi saham. Situasi semacam ini disebut sebagai ‘forced conversion’. 

Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya (harga pasar saham lebih rendah dari harga konversi saham) maka situasi semacam itu disebut ‘overhanging issue’ atau konversi mengambang. 

Jika tertarik untuk melakukan investasi pada obligasi konversi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Pastikan adanya penghasilan tetap selama periode tertentu, yakni periode saat dimulainya konversi obligasi kepada saham. Kita harus memperhatikan kupon obligasi konversi tersebut, karena kesalahan dalam memilih kupon obligasi akan berakibat tingkat pengembalian atau penghasilan yang rendah secara total nantinya pada waktu jatuh tempo. 

Untuk hal ini, biasanya para investor akan memilih tingkat kupon tetap apabila memperkirakan tingkat bunga akan mengalami penurunan di masa mendatang, dan memilih obligasi konversi dengan kupon mengambang apabila diperkirakan tingkat bunga akan mengalami kenaikan di masa yang akan datang.

Pastikan adanya kemungkinan untuk memperoleh capital gain setelah obligasi tersebut dikonversikan kepada saham. Namun jangan lupa bahwa kemungkinan kerugian juga akan timbul karena harga saham di pasar lebih rendah dari harga konversi obligasi. Untuk itu, kita lebih baik menahan obligasinya terlebih dulu ketika tingkat bunga rendah dan tidak terburu-buru menukarkannya kepada saham.

Pastikan untuk memilih sektor industri yang cukup baik dari perusahaan yang mengeluarkan obligasi konversi tersebut. 

Bagusnya, kita bisa memilih perusahaan yang beroperasi pada sektor yang saat ini mungkin tergolong biasa-biasa saja namun di masa mendatang memiliki kemungkinan untuk terus tumbuh dan berkembang. Namun jangan lupa pula bahwa manajemen perusahaan tersebut juga perlu diperhatikan.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki track record yang positif, agar kita tidak memiliki risiko yang besar. Kita harus memilih perusahaan yang memiliki manajemen bereputasi baik dan terpercaya. 

Jangan hanya terpaku pada besar-kecilnya perusahaan tersebut, karena sebesar apapun perusahaannya, kalau tingkat manajemennya buruk akan mengakibatkan obligasi yang dikeluarkannya itu memiliki kemungkinan untuk mengalami permasalahan di kemudian hari.

Related

Business 3041942063081357899

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item