Mengenal Tiga Gaya Belajar Bahasa Inggris dan Kelebihannya


Naviri Magazine - Setiap orang memiliki kecenderungan atau gaya sendiri-sendiri dalam belajar, dan gaya ini biasanya akan mempengaruhi cara orang tersebut dalam memahami sesuatu. 

Dalam proses belajar mengenai sesuatu, penggunaan gaya yang berbeda ini akan sangat berpengaruh. Perbedaan gaya ini biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, atau terbentuk karena kebiasaan sehari-hari. Dengan mengenali kecenderungan gaya yang kita miliki, maka proses belajar pun akan jadi semakin efektif, karena kita akan tahu kelemahan dan keunggulan yang kita miliki.

Berikut ini adalah penggunaan gaya belajar bahasa Inggris yang bisa disesuaikan dengan masing-masing kecenderungan orang. 

Gaya belajar auditori

Ada orang yang lebih mudah menangkap sesuatu dan memahami sesuatu dengan cara mendengarkan. Orang semacam itu disebut memiliki gaya belajar auditori. Kalau kamu juga seperti itu, maka belajar bahasa Inggris dengan cara banyak mendengarkan akan lebih memudahkanmu. 

Kamu bisa melakukannya dengan banyak mendengar siaran radio berbahasa Inggris, mendengarkan musik atau pidato dalam bahasa Inggris, ataupun menyaksikan film berbahasa Inggris untuk kamu dengarkan dialog-dialog percakapannya.

Dengarkan ucapan, ungkapan yang digunakan, perhatikan konteks ataupun situasi dimana kata-kata atau ungkapan tersebut digunakan. Lakukan hal ini berulang-ulang, maka kamu pun akan bertemu dengan ungkapan serupa yang dapat kamu latih secara berkala, sehingga kamu akan semakin mahir mengucapkan dan menggunakannya.

Gaya belajar visual

Selain gaya belajar auditori, ada pula gaya belajar visual. Ini adalah gaya belajar yang lebih banyak melibatkan indera penglihatan. Orang yang memiliki gaya belajar ini biasanya akan lebih mudah memahami sesuatu dengan cara melihat atau menyaksikan.

Kalau kamu memiliki gaya belajar visual seperti ini, kamu bisa menggunakan banyak cara yang menarik dalam hal meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel-artikel berbahasa Inggris, baik di koran ataupun di internet, lalu cobalah kamu ceritakan kembali isi artikel yang kamu baca itu dengan menggunakan bahasa atau kata-kata yang kamu susun sendiri, baik dalam bentuk tulisan ataupun ucapan.

Kamu juga bisa menggunakan media lain, semisal film, untuk semakin meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

Gaya belajar kinestetik

Ada pula orang yang memiliki gaya belajar kinestetik. Ini adalah gaya belajar dari orang yang lebih mudah memahami sesuatu dengan cara bergerak atau melakukan sesuatu yang ia pelajari. Kalau kamu memiliki gaya seperti ini, kamu bisa mengembangkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris dengan cara sering menuliskannya. 

Baik menulis di kertas dengan polpen atau menulis di komputer dengan menggunakan keyboard, aktivitas menulis kata-kata dalam bahasa Inggris akan sangat membantu bagi orang yang memiliki gaya belajar kinestetik ini agar tidak cepat bosan.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan bahasa Inggris atau English Club yang biasanya memiliki banyak kegiatan dan permainan dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Inggris. 

Terakhir, kamu juga bisa melatih dirimu dengan cara membayangkan atau menghubungkan suatu kata tertentu dengan suatu aktivitas tertentu. Meskipun mungkin bagi orang lain hal ini akan merepotkan, tetapi cara ini akan menyenangkan bagi orang yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Related

Tips 6805497945165950231

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item