Panduan Mengenali Jenis-jenis Investasi agar Tidak Salah Pilih (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Panduan Mengenali Jenis-jenis Investasi agar Tidak Salah Pilih - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Investasi 3: Pasar uang

Karena tidak paham dan tidak ingin repot-repot mengurusi investasi, kita mungkin saja memilih untuk menggunakan jasa pialang atau agen untuk memutarkan uang yang kita miliki dalam suatu pasar uang dengan harapan dapat memperoleh keuntungan. Ini banyak dilakukan oleh para pemula, khususnya bagi yang merasa awam, tak punya waktu luang, atau karena tak ingin repot-repot.

Apabila jenis seperti ini yang kita pilih, maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah perjanjian atau klausul dari kesepakatan investasi tersebut. Yakinkan diri bahwa kita memahami isi klausul perjanjian itu agar kerjasama tersebut tidak mendatangkan penyesalan di belakang. 

Biasanya, dan yang sering terjadi, seluruh kerugian yang ditimbulkan dari investasi jenis ini ditanggung oleh kita sebagai investor, dan agen hanya bertugas memutar dan menanamkan uang kita di pasar uang tanpa dibebani risiko kerugian apapun. 

Ada pula agen yang menawarkan tingkat keuntungan sebesar 2 persen perbulan, dan berani menanggung kerugiannya jika investasi itu merugi. Tawaran seperti ini biasanya juga diikuti dengan perjanjian bahwa apabila investasi tersebut menghasilkan keuntungan lebih dari 2 persen maka akan menjadi milik si agen.

Apapun yang kita pilih dan apapun yang kemudian kita sepakati, kuncinya adalah berhati-hati. Berhati-hati dalam menyepakati suatu klausul perjanjian dengan sang agen, juga berhati-hati dalam menggunakan uang untuk investasi itu. Lebih baik jika menggunakan uang dalam jumlah kecil terlebih dulu, dan menggunakan uang yang benar-benar tidak diperlukan atau dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu.

Investasi 4: Money game

Ini biasanya menjadi jenis investasi yang terkesan sangat menggiurkan, namun juga paling berbahaya. Menggiurkan, karena inilah jenis investasi yang berani menjanjikan keuntungan sampai 20 persen atau bahkan lebih, sehingga banyak orang yang tergiur dengan harapan dapat meraih keuntungan besar dalam waktu yang tak terlalu lama. 

Namun juga berbahaya karena investasi jenis ini tidak menjanjikan kelanggengan dan berisiko membuat semua uang yang kita tanamkan hilang sia-sia.

Money game atau permainan uang adalah jenis investasi yang bisa dibilang sangat spekulatif. Investasi jenis ini ada karena juga ada begitu banyak orang yang tidak terlalu paham dunia investasi yang ‘sehat’, atau karena memang menginginkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat. 

Biasanya, orang tertarik dengan money game karena melihat ada orang-orang tertentu yang telah terbukti berhasil mendapatkan keuntungan sebagaimana yang dijanjikan oleh pihak penyelenggaranya. Namun perlu diingat bahwa money game bukanlah jenis investasi yang ‘langgeng’ atau yang terjamin keberlangsungannya.

Pada awalnya, orang-orang yang mengikuti suatu jenis money game mungkin memang mendapatkan keuntungan atau hasil besar sebagaimana yang dijanjikan pihak penyelenggaranya. Namun uang yang dihasilkan sebagai keuntungan itu biasanya didapatkan dari uang yang disetor oleh para anggota di bawahnya. 

Ini berarti bahwa orang yang berinvestasi dalam money game akan mendapatkan hasil selama masih ada orang lain yang bergabung dalam investasi itu. Namun keuntungan dan hasil investasi akan berhenti ketika jumlah anggota money game tersebut juga berhenti.

Sebaiknya, jangan tergiur dengan janji hasil besar dari permainan investasi jenis ini. Karena, sebagaimana yang telah disinggung di atas, money game memang menjanjikan keuntungan besar (dan kadang memang begitu) namun juga memiliki tingkat risiko kerugian yang sama besarnya (dan sekali lagi, seringnya memang begitu).

Related

Tips 561659106457433972

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item