Tips Menyisipkan Makanan Berserat Dalam Diet


Naviri Magazine - Serat adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, keseimbangan kadar gula dalam darah, usus besar, dan lain-lain, yang kesemuanya membantu menunjang kesehatan. 

Karenanya, serat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, bagi Anda yang sedang berdiet maupun tidak. Sayangnya, orang yang berdiet, apalagi berdiet secara ketat, kadang menghadapi masalah dalam hal konsumsi serat.

Berikut ini adalah tip yang bisa dilakukan untuk dapat menyisipkan serat ke dalam menu diet Anda, sehingga Anda tetap mendapat asupan serat dalam jumlah cukup selama menjalani diet.

Buah dan sayuran

Buah dan sayur mengandung banyak serat. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi dua sampai empat kali hidangan buah serta tiga sampai lima kali sajian sayur setiap hari, untuk menjaga asupan serat bagi tubuh.

Makanan ringan

Ngemil makanan ringan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda menyukainya, pilihlah biskuit gandum yang kaya serat. Selain biskuit gandum, makanan ringan yang juga kaya serat adalah biji-bijian dan kacang.

Bubur gandum

Selain mengonsumsi gandum dalam biskuit, bubur gandum juga bisa dijadikan sebagai menu makan pagi. Gandum dalam bentuk apa pun mengandung serat yang lebih banyak dibanding nasi.

Kacang-kacangan

Sekali seminggu, Anda bisa memasak makanan dengan bahan kacang-kacangan, seperti buncis, kacang kedelai, atau yang lain. Selain mengandung banyak serat, kacang-kacangan juga mudah didapatkan.

Makanan penutup

Selama diet, Anda tetap bisa menikmati makanan penutup, namun sebaiknya hindari es krim atau kue. Sebagai gantinya, pilihlah buah beri yang lebih berserat, semisal bluberi, stroberi, atau lainnya.

Perhatikan label makanan

Karena kesibukan atau aktivitas harian yang padat, bisa jadi Anda tidak bisa memasak atau membuat makanan sendiri, dan biasa menikmati makanan paketan. Jika Anda mengonsumsi makanan kalengan atau paketan, jangan lupa membaca sajian serat harian pada label makanan yang Anda beli, sehingga Anda bisa memilih makanan yang banyak mengandung serat untuk dinikmati saat diet.

Related

Tips 411120857565083823

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item