Wow, Komik Donald Bebek Menginspirasi Ilmuwan Menemukan Molekul Baru


Naviri Magazine - Donald Bebek dan penulisnya, Carl Bark, telah memberikan kontribusi yang luar biasa kepada ilmu pengetahuan, sehingga Universitas Cornell menamai asteroid dengan namanya. Hal ini setelah sebuah jurnal ilmiah menerbitkan komik berjudul “The Mad Chemist”. 

Dalam komik tersebut diceritakan, Donald, yang membantu keponakannya dalam tugas kimia, menciptakan formula yang diberi nama "Duckmite."

Itu hanya kisah komik, sampai 20 tahun kemudian Disney menerima surat dari Joseph B. Lambert di Institut Teknologi California, yang menginformasikan bahwa komik Donald Bebek yang diterbitkan di jurnal ilmiah "The Spin States of Carbenes" menjadi rujukan dalam menemukan sebuah molekul baru yang bernama Methylene.

Rupanya komik Donald Bebek yang dibuat oleh Carl Bark secara tidak sengaja menemukan Methylene, yang digambarkan sebagai CH2, hampir 20 tahun sebelum ilmu pengetahuan bisa membuktikan eksistensinya. Anehnya, hal ini tidak diketahui Disney, melainkan oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Gaspar yang juga penggemar komik Donald Bebek. 

Bahkan gilanya, setahun kemudian Disney mendapat surat dari ilmuwan Harvard yang memberi tahu bahwa Donald tidak hanya menemukan Methylene, tapi juga berhasil menggunakan Methylene untuk bereaksi dengan zat lain dalam sesuatu yang kemudian dikonfirmasi menjadi cara ilmiah yang akurat. Itu beberapa tahun sebelum ilmuwan berhasil menemukannya.

Related

Science 946895489514445000

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item