Apa Perbedaan Impact Printer dan Inkjet Printer? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Impact Printer adalah jenis printer yang menggunakan tinta atau pita, dan bekerja dengan cara menekankan cetakan karakter ke kertas. 

Sedangkan Inkjet Printer adalah suatu perangkat printer yang ditujukan untuk jenis unit all-in-one, yang menggunakan penembakan tinta cepat kering melalui lubang nozzle kecil di dalam membentuk gambar atau karakter di atas kertas. 

Selain Impact Printer dan Inkjet Printer, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

WiMAX 

Singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, yaitu suatu spesifikasi untuk komunikasi data wireless. Spesifikasi WiMAX terdapat dalam IEEE 802.16. WiMAX adalah suatu penyempurnaan WiFi, WiMAX dapat berkomunikasi pada jarak hingga 5 Miles (kurang lebih 8 kilometer) pada kecepatan transfer data 10 Mbps.

IP

Singkatan dari Internet Protocol. Yaitu protokol jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host di dalam jaringan komputer yang berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan saat ini adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981.

IP Address  

Alamat Internet Protocol, yaitu nama atau alamat numeric unik dari sebuah komputer yang terhubung dalam jaringan dalam bentuk aturan tertentu. Alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.136.0.1.

IPC

Singkatan dari Inter Process Communication, yaitu pertukaran data antara satu program dengan program lain, pada satu PC yang sama atau PC lain dalam sebuah jaringan. Salah satu contoh aplikasi fungsi IPC adalah ketika kita mengoperasikan copy dan paste dari satu file ke file yang lain. 

I/P Channel

Bagian dari sistem input/output komputer yang mentransfer blok-blok data dari internal storage ke peralatan periferal.

IP Datagram

Unit informasi dasar yang lalu-lalang di dunia maya internet. Hubungan antara IP Datagram dengan internet hampir sama dengan hubungan antara packet hardware dengan jaringan fisiknya. IP Datagram memuat sumber-sumber dan alamat-alamat sekaligus dengan data yang tersedia. Sebuah pesan yang berukuran besar akan dibagi-bagi menjadi sejumlah IP Datagram.

iPod Touch

Merek untuk produk portabel media player yang didesain dan dipasarkan oleh perusahaan Apple. iPod touch adalah iPod pertama yang menggunakan konektivitas Wi-Fi dan interface Multi-Touch. iPod Touch diperkenalkan pada akhir tahun 2007. Dengan konektivitas Wi-Fi, ia dapat dimanfaatkan untuk menjelajah internet, menggunakan web browser yang dibuat khusus untuk melakukannya. 

IPX/SPX

Jenis protokol komunikasi yang digunakan oleh komputer-komputer untuk saling berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. Kebanyakan jaringan lebih menyukai TCP/IP dibanding SPX/IPX, karena TCP/IP merupakan protokol yang digunakan di internet.

IR 

Singkatan dari InfraRed, yaitu suatu sistem komunikasi wireless jarak pendek yang hemat energi. Untuk berkomunikasi menggunakan IR, setiap sensor hardware harus saling berhadap-hadapan, dan jaraknya hanya bisa mencapai satu meter.

IRC 

Singkatan dari Internet Relay Chat, yaitu sebuah layanan internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lainnya. Tidak seperti e-mail, komunikasi melalui IRC dilakukan secara langsung. Dengan IRC, pengguna internet dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan beberapa orang sekaligus.

IrDA Port

Sebuah transmitter atau receiver untuk sinyal-sinyal infra merah.

IRQ

Singkatan dari Interrupt ReQuest, yaitu nilai yang menunjukkan lokasi piranti sehingga bisa dideteksi oleh sistem komputer, ketika piranti tersebut sedang dioperasikan. Caranya adalah dengan menginterupsi sistem.

Related

Technology 5202491051124123373

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item