Biar Tidak Bingung, Ini Arti 10 Istilah Politik yang Sering Kita Dengar (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kalau kita sering mengikuti berita, khususnya berita politik, hampir bisa dipastikan kita akan sering menemukan istilah-istilah tertentu yang sepertinya sangat sering muncul. Misalnya petahana, moratorium, elektablitas, hingga pemakzulan, dan lain-lain.

Bisa jadi, sebagian kita belum mengerti maksud atau arti istilah-istilah tersebut, dan bertanya-tanya. Kalau kamu kebetulan termasuk yang belum tahu arti istilah-istilah tersebut, uraian ini perlu dibaca. Berikut ini adalah arti sepuluh istilah politik populer yang sering kita dengar.

Kasasi

Di dunia politik ada banyak sekali kosakata yang asing dan tidak kita ketahui. Jika kalian yang jarang mengikuti berita politik, tentunya kata-kata tersebut sangat membingungkan. Apa sih artinya? Nah, salah satu kata yang sering terdengar belakangan ini adalah kasasi. Apakah yang dimaksud dengan kasasi?

Kasasi adalah kata yang cukup sering terdengar ketika kita sedang menonton persidangan. Bagi kalian yang awam, kasasi memiliki arti pembatalan keputusan yang dilakukan oleh Mahkamah Agung terhadapat keputusan hukum. Pembatalan ini dilakukan dikarenakan keputusan yang dikeluarkan tidak sesuai atau menyalahi undang-undang.

Moratorium

Apa sih arti moratorium? Moratorium adalah penangguhan pembayaran utang atau kewajiban tertentu selama batas waktu yang ditentukan. Kata ini cukup sering digunakan untuk mengacu ke waktu penundaan pembayaran itu sendiri, sementara otorisasinya disebut sebagai undang-undang moratorium.

Akuntabel

Akuntabel atau akuntabilitas, adalah kata yang sering disangkutpautkan dengan tranparansi. Contoh kalimatnya adalah pengelolaan dana APBN sebaiknya dilakukan secara transparansi dan akuntabel. Kita tahu apa maksud dari transparansi yang memiliki arti terbuka tapi apa arti dari akuntabel ini?

Di dunia politik, akuntabel atau akuntabilitas memiliki arti sebagai berikut, dapat dipertanggungjawabkan dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lalu kenapa tidak menggunakan kata yang lebih mudah yaitu pertanggungjawaban? 

Beberapa ahli menjelaskan bahwa dalam kaitannya dengan birokrasi, tanggung jawab memiliki arti sebagai otoritas yang diberikan atasan untuk melaksanakan suatu kebijakan. Sedangkan akuntabilitas merupakan kewajiban untuk menjelaskan bagaimana realisasi otoritas yang diperolehnya tersebut. Jadi akuntabilitas memiliki arti yang berbeda.

Komprehensif

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disebut telah membuat suatu program yang komprehensif. Nah, muncul lagi nih kata baru yang tidak pernah kita dengar sebelumnya. Kata tersebut adalah komprehensif. Apa maksud dari kata komprehensif tersebut?

Menurut bahasa Indonesia, komprehensif memiliki 3 buah arti. Arti yang pertama yaitu bersifat mampu menangkap atau menerima dengan baik. Kedua adalah memiliki ruang lingkup luas dan lengkap. Ketiga adalah mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas. 

Jika dilihat dari kalimat, maka yang sesuai adalah arti yang kedua yaitu ruang lingkung yang luas dan lengkap. Jadi, presiden RI Joko Widodo membuat suatu program yang memiliki ruang lingkup luas dan juga lengkap.

Referendum

Belum lama ini perdana menteri Italia mundur setelah mengalami kekalahan telak dalam referendum. Apa arti dari referendum? Referendum merupakan salah satu bentuk demokrasi dalam sebuah negara. Memiliki arti yaitu pemberian hak kepada rakyat, untuk memilih solusi dalam penyelesaian sebuah perkara domestik. Lalu apa bedanya dengan pemilu?

Perbedaan dengan pemilihan umum adalah pemilu dilakukan secara umum dengan tujuan untuk memilih perwakilan rakyat seperti Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden. Dalam referendum, pemungutan suara dilakukan demi mencari solusi yang diinginkan oleh rakyat dalam penyelesaian sebuah permasalahan yang sedang terjadi. 

Rakyat akan diberi pilihan ya atau tidak mengenai sebuah proposal. Proposal itulah yang nantinya akan menentukan kebijakan apa yang dirasa rakyat butuh untuk dilaksanakan oleh negara. 

Baca lanjutannya: Biar Tidak Bingung, Ini Arti 10 Istilah Politik yang Sering Kita Dengar (Bagian 2)

Related

Indonesia 4109671985714688053

Recent

item