Ini 10 Jenis Keju dengan Cita Rasa Unik dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Keju adalah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu, melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu, yang disebut rennet. Pada saat ini, keju telah menjadi salah satu makanan populer di dunia.

Karena proses pembuatan keju di masing-masing negara bisa berbeda, cita rasa yang dihasilkan pun bisa berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh jenis keju yang dianggap paling terkenal karena sangat enak.

Gouda

Nama Gouda merupakan nama keju yang berasal dari negeri kincir yaitu Belanda. Lebih tepatnya, nama keju ini dinamakan sesuai dengan kota asal keju ini dibuat, yakni kota Gouda. Keju yang terkenal dari Belanda ini paling bagus dikonsumsi setelah disimpan selama 1 tahun dan paling cepat adalah 4 minggu.

Keju Gouda adalah keju semi keras yang terbuat dari susu sapi pilihan. Rasanya sangat ringan dan juga lembut di mulut. Gouda yang disimpan lebih lama dapat memiliki rasa garing. Gouda merupakan keju jenis cocok merupakan keju yang cocok digunakan sebagai salad atau ditaburi di atas makanan khas Belanda yaitu casseroles.

Brie

Dibuat dari susu sapi dan memiliki tekstur yang lembut, inilah keju Brie. Brie adalah keju asli yang berasal dari Perancis. Keju Brie memiliki warna yang pucat dengan sedikit abu-abu di bagian bawah keju. Jika dimakan, keju Brie memiliki rasa yang hambar. Rasa hambar ini yang membuat Brie menjadi keju unik yang wajib kamu coba.

Untuk membuat keju Brie, digunakan susu sapi khusus yang telah dihilangkan kandungan lemaknya. Keju brie sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan buah, kacang, dan roti. Tapi ada beberapa orang yang memakan Brie bersamaan dengan champagne, anggur, dan juga bir. Dan rasanya luar biasa. 

Stilton

Jika pergi ke Inggris, kamu akan dengan mudah menemukan keju Stilton. Keju ini menjadi keju yang pembuatannya harus dilakukan secara khusus. Hanya 3 daerah di Inggris yang boleh memproduksi keju ini. Ketiga daerah tersebut adalah Derbyshire, Leicestershire, dan Nottinghamshire. 

Keju Stilton dibagi menjadi 2 yaitu yang berwarna biru dan putih. Keju Stilton warna biru memiliki karakteristik rasa dan aroma yang jauh lebih kuat dari keju Stilton putih. Nama Stilton diambil dari sebuah desa tempat asal keju ini ditemukan yakni Stilton. Pertama kali ditemukan oleh seorang pria bernama Cooper Thornhill pada tahun 1730. Stilton dibuat dari susu sapi yang sudah disterilisasi dan dikentalkan.

Danablu

Danablu atau yang bisa disebut juga dengan Danish Blue Cheese adalah keju yang harus kamu coba yang berasal dari negara Denmark. Meski berasal dari Denmark, keju jenis ini merupakan keju yang sangat populer di Amerika Utara. Keju Danablu adalah salah satu keju yang memiliki rasa cukup kuat. Dibuat dari susu sapi, tekstur keju ini cukup lembut dengan warna putih sampai kuning, sedikit lembab, dan kulitnya bisa dimakan.

Danablu ditemukan pertama kali di abad ke-20 oleh seorang pembuat keju terkenal asal Denmark yang bernama Marius Boel. Awalnya Boel ingin membuat keju tiruan dari Roquefort, tapi ternyata hasil keju buatannya menciptakan keju jenis baru yang dinamakan Danablu. Rasa kejunya yang cukup asin membuat keju ini cukup unik dibandingkan dengan keju lain.

Roquefort

Memiliki rasa yang kuat di setiap gigitan ditambah dengan warna birunya yang unik, kamu harus mencoba keju jenis Roquefort ini. Rasanya menggambarkan seperti lautan, asin dan kuat, tapi tetap terasa lembut di mulut. Roquefort bisa membuat siapapun jatuh cinta dengan rasa khas dari keju satu ini.

Roquefort ini adalah keju khas asal negeri Perancis. Jika keju biasa dibuat dari susu sapi, Roquefort dibuat dari bahan susu domba. Diperkirakan butuh waktu minimal 5 bulan untuk bisa menikmati rasa asin dari keju Roquefort. Warna biru yang terdapat pada keju berasal dari jamur jenis Penicilluim Roquefort. 

Baca lanjutannya: Ini 10 Jenis Keju dengan Cita Rasa Unik dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Food 1418261301927447109

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item