Ini 10 Tempat Terbasah di Dunia karena Paling Sering Diguyur Hujan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada tempat-tempat di bumi yang terkenal sangat kering, karena hujan sangat jarang turun di sana. Sebaliknya, ada pula tempat-tempat di dunia yang sangat basah, karena hujan sangat sering turun di sana. Berikut ini adalah sepuluh tempat yang terkenal paling basah di dunia, akibat curah hujan yang sangat tinggi. 

Emei Shan, Cina - Curah Hujan per Tahun 8.169 mm

Ada salah satu tempat di CIna yang memiliki curah hujan sangat tinggi. Tempat tersebut adalah Emei Shan. Emei Shan berlokasi di provinsi Sichuan. Di tahun 1996, Emei Shan dianggap sebagai situs warisan dunia yang harus dijaga. Tepat di tempat tersebut terdapat sebuah gunung besar yang bernama gunung Emei. Merupakan gunung tertinggi dari 4 Gunung Suci Buddha.

Curah hujan di Emei Shan sangat tinggi. Kira-kira 8.169 mm per tahun. Jadi bisa dibayangkan betapa suburnya daerah ini. Apa kalian tahu dengan beladiri Cina yang bernama wushu? Emei Shan yang menjadi tempat atau rumah dari berbagai macam beladiri kuno di Cina, salah satunya adalah wushu.

Kukui, Hawaii - Curah Hujan per Tahun 9.293 mm

Tidak banyak orang yang tahu tentang Kukui. Tapi kalau Hawaii, pasti banyak orang yang sudah tahu akan tempat ini. Hawaii adalah sebuah pulau kecil nan indah yang masih merupakan bagian dari negara Amerika Serikat. Kukui ini adalah salah satu tempat yang berada di Hawaii. Terkenal sebagai tempat yang paling sering turun hujan.

Curah hujan per tahun yang mencapai 9.923 mm yang menjadikan Kukui sebagai salah satu tempat yang sering turun hujan di Amerika. Beserta keindahan yang dimilikinya, Kukui menjadi rumah bagi aneka macam jenis tumbuhan dan hewan. Sayang tidak sembarang orang yang bisa masuk, hanya para peneliti yang mendapat izin khusus untuk menjelajahi Kukui.

Mt Waialeale, Hawaii - Curah Hujan per Tahun 9.763 mm

Masih belum berpindah dari Hawaii, kali ini mari kita bahas tentang Gunung Waialeale. Sama seperti Kukui, suatu tempat di Hawaii berikut ini diberi berkah dengan seringnya turun hujan. 

Yang namanya gunung pastinya ada sejumlah pendaki yang ingin menaklukkannya. Tapi karena sering terjadi hujan membuat gunung Waialeale menjadi sangat licin sehingga sangat berbahaya mendaki gunung ini.

Waileale sendiri adalah bahasa Hawaii yang memiliki arti air yang meluap. Dinamakan demikian karena memang gunung ini sering basah karena hujan. Curah hujan di Gunung Waileale mencapai angka 9.763 setiap tahunnya. Gunung Waileale juga menjadi rumah bagi sejumlah tanaman langka.

Big Bog, Hawaii - Curah Hujan per Tahun 10.272 mm

Apakah hanya segitu saja tempat di Hawaii yang paling sering turun hujan? Masih ada 1 tempat lagi di Hawaii yang menjadi salah satu tempat paling sering turun hujan di dunia. Tempat itu adalah Big Bog. Total jadi ada 3 area di Hawaii yang sering terjadi hujan. Big Bog bisa ditemui di dalam Haleakala National Park.

big Bog diberi gelar juara sebagai tempat yang paling sering turun hujan di Hawaii. Lihat saja curah hujannya yang mencapai 10.272 mm per tahun. Karena tempatnya yang sangat terpencil, para peneliti harus menggunakan helikopter apabila ingin melakukan penelitian disana. Untungnya adalah tempat ini tidak tertutup seperti Kukui, jadi turis bisa datang ke tempat ini.

Debundscha, Kamerun - Curah Hujan per Tahun 10.299 mm

Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar negara Afrika? Banyak diantara kalian yang berpikir bahwa Afrika adalah negara panas dan gersang. Tapi ternyata tidak juga. Ada sejumlah tempat di Afrika yang tidak sepanas dan segersang yang kalian pikirkan. Tempat itu adalah Debundscha.

Debundscha adalah sebuah tempat yang berada di Kamerun, Afrika Tengah. Tempat ini berbeda dari berbagai tempat di Afrika yang panas. Alasannya tidak lain karena di tempat ini paling sering turun hujan. Setiap tahunnya, curah hujan di Debundscha mencapai angka 10.299 mm. Inilah tempat yang paling sering turun hujan kedua di Afrika.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tempat Terbasah di Dunia karena Paling Sering Diguyur Hujan (Bagian 2)

Related

Nature 2847679334202225554

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item