Inilah 10 Bank dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi di Dunia (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Inilah 10 Bank dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi di Dunia - Bagian 1 )....


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 10 Bank dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

L-Bank, Jerman

L-Bank merupakan sebuah singkatan dari Landesbank Baden-Wuttemberg atau biasa disingkat dengan LBBW. LBBW merupakan bank utama dari 3 bank komersial di Jerman dan merupakan bank milik negara. L-Bank memiliki banyak anak perusahaan. Salah satu yang terkenal adalah LBBW Luxemburg S.A.

LBBW berfungsi sebagai bank komersial sekaligus bank utama di Baden-Wurttemberg, Rhineland-Palatinate dan Saxony. LBBW memiliki fokus di bidang teknologi, IT, piranti lunak, telekomunikasi, layanan inovatif, dan juga ilmu pengetahuan. Meski dikatakan lebih memilih untuk berinvestasi di Jerman bagian Selatan, belakangan ini LBBW mempertimbangkan untuk melakukan sejumlah investasi di negara lain seperti Austria dan Swiss.

Landwirtschaftliche Rentenbank, Jerman

Bank yang memiliki tingkat kemanan cukup tinggi berikut ini masih berasal dari negara Jerman. Bank tersebut bernama Landwirtschaftliche Rentenbank. Sama dengan L-Bank, bank ini juga merupakan bank BUMN dan secara khusus melayani bantuan keuangan untuk bidang pertanian dan industri makanan di Jerman.

Didirikan berdasarkan undang-undang negara pada tahun 1949, bank ini memiliki kantor pusat di kota Frankfurt. Rentenbank merupakan suksesor dari bank terdahulu yang bernama Rentenbank Kreditanstalt atau disingkat RKA. RKA sendiri merupakan bank yang memberikan dana pinjaman untuk bidang pertanian.

Bank Nederlandse Gemeenten, Belanda

Di Belanda, Bank Nederlandse Gemeenten menduduki peringkat 4 di Belanda jika dinilai dari asetnya yang sebesar 158,95 miliar USD. Adalah badan pendanaan pemerintah daerah dengan fokus memberikan bantuan dana untuk sejumlah organisasi lokal. Sebesar 50% saham Bank Nederlandse Gemeenten dipegang oleh pemerintah Belanda.

BNG didirikan pada tahun 1914 di kota Den Haag dengan nama Gemeentelijke Credietbank. Di tahun 1922, berganti nama menjadi Bank voor Nederlandsche Gemeenten. Barulah pada tahun 1990 berganti nama menjadi Bank Nederlandse Gemeenten. Nama tersebut yang akhirnya terus dipakai sampai sekarang.

Zürcher Kantonalbank, Swiss

Zurcher Kantonalbank biasa disebut dengan nama Zurich Cantonal Bank dan disingkat dengan ZKB. Zurcher Kantonalbank merupakan bank milik pemerintah terbesar di Swiss. Di Zurich, bank ini berfungsi sebagai bank yang menyediakan layanan keuangan untuk warga kota Zurich. Zurcher Kantonalbank memiliki aset senilai 163,04 miliar USD.

ZKB didirikan sebagai bank independen, tergabung dalam lembaga hukum, dan merupakan bank milik badan legislatif Zurich. ZKB memiliki peran besar sebagai penyeimbang keuangan negara. Ketika ekonomi sedang tidak stabil, maka tugas ZKBlah untuk menjadi pengsupport ekonomi negara.

KfW, Jerman

Dulunya, KfW merupakan grup bank yang merupakan bank milik pemerintah Jerman dan memiliki kantor pusat di kota Frankfurt. KfW merupakan kepanjangan dari Kreditanstalt fur Wiederaufbau (Reconstruction Credit Institute). Dibentuk pada tahun 1948 setelah Perang Dunia II sebagai bagian dari rencana Marshall. Rencana Marshall merupakan sebuah program yang dibuat atas dasar inisiatif Amerika untuk membantu Eropa Barat.

Memiliki aset sebesar 554,4 miliar USD, KfW memiliki fokus pada pendanaan rumah, membantu keuangan perusahaan besar maupun kecil, export import, investasi asing, dan membantu pengembangan dalam negeri. Saham KfW sebesar 80% dipegang oleh Federal Republic of Germany dan sisanya 20% dipegang oleh States of Germany.

Related

Business 3188275918948740303

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item