Inilah 10 Kapal Perang Terbesar di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Negara-negara dunia memiliki angkatan perang untuk menjaga kedaulatan, baik di darat, laut, maupun udara. Di laut, angkatan perang dibekali dengan kapal-kapal tangguh. Kapal-kapal besar itu tidak ditujukan untuk mengangkut penumpang, tapi untuk tujuan perang. Karenanya, di kapal itu pun disiapkan aneka persenjataan, bahkan termasuk pesawat tempur.

Berikut ini adalah sepuluh kapal perang yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Luasnya mencapai ratusan meter persegi. Daftar berikut ini dimulai dari yang paling “kecil” sampai yang terbesar.

Izumo Class, Jepang - 247 Meter

Jepang memiliki perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang cepat tersebut berdampak pada kekuatan militer Jepang terutama angkatan lautnya. Bukan cuma dilihat dari banyaknya pasukan yang dimiliki, angkatan laut Jepang bisa ditakuti karena memiliki senjata rahasia super besar berupa kapal perang yang dinamakan Izumo.

Izumo adalah kapal perang raksasa yang menjadi senjata mematikan angkatan laut Jepang. Tujuannya adalah untuk memburu dan menghancurkan kapal selam milik musuh. 

Dengan panjang mencapai 247 meter, Izomo sanggup membawa 14 helikopter, 400 pasukan, dan beberapa lusin kendaraan perang. Inilah kapal perang modern Jepang yang pernah dibuat sejak Perang Dunia II.

Kirov Class, Rusia - 252 Meter

Sungguh mustahil apabila Rusia yang memiliki kekuatan militer mengerikan kedua di dunia setelah Amerika, tapi tidak punya teknologi dan senjata perang yang mematikan. Bisa-bisa Rusia dipermalukan oleh banyak negara termasuk saingannya, Amerika. Untuk itulah, Rusia melengkapi kekuatan militernya, terutama di wilayah laut dengan membuat sebuah kapal perang raksasa.

Adalah kapal perang bernama Kirov Class yang memiliki ukuran super besar dan dilengkapi dengan senjata mengerikan berupa nuklir. Siapapun yang berani menantang Kirov Class pastinya adalah orang gila. Kirov Class dibuat di akhir tahun 1970an dan 1990an. Total ada 4 kapal Kirov Class yang ada saat ini. Masing-masing kapal bernilai 2 miliar USD.

Wasp Class, Amerika - 253 Meter

Satu tingkat di atas Kirov Class milik Rusia, Amerika jelas tidak mau kalah dengan saingannya tersebut. Sebagai negara superpower, Amerika dengan teknologi yang super maju, melengkapi angkatan lautnya dengan sebuah kapal perang besar yang dinamakan Wasp Class. Ukuran Wasp Class ini juga lebih besar dari Kirov Class yaitu 253 meter.

Ketika masa Perang Dunia II, angkatan laut Amerika Serikat mendapatkan pelajaran berharga bahwa memiliki kapal perang yang canggih, sangatlah menguntungkan, Dengan begitu, tentara laut milik Amerika bisa melintasi perairan dengan aman. 

Melihat betapa pentingnya kapal laut untuk meningkatkan kekuatan militernya, pemerintah Amerika telah menggelontorkan sejumlah uang dalam jumlah besar untuk membangun sebuah kapal perang. 

Maka, jadilah kapal perang yang dinamakan Wasp Class. Dari tahun 1989 sampai 2009, Amerika memiliki total 8 Wasp Class dengan nilai masing-masing kapal mencapai 750 juta dolar.

America Class, Amerika - 257 Meter

Kapal perang berikut ini juga masih merupakan kapal perang milik Amerika Serikat. Sama dengan Wasp Class yang merupakan kapal perang amfibi, America Class adalah model yang sudah dikembangkan dari Wasp Class, hanya saja dengan teknologi yang lebih canggih dan ukuran yang lebih besar yaitu 257 meter. 

Dengan harga kapal perang yang mencapai 3,4 miliar USD, America Class dibuat lebih besar dari Wasp Class dengan tujuan untuk bisa membawa pesawat tempur yang lebih besar lagi, contohnya seperti F-35 Lightning II Stealth Fighter dan MC-22 Osprey Transport. America Class juga bisa mengangkut hampir 1.700 tentara, sejumlah tank, artileri dan kendaraan militer lainnya.

Charles de Gaulle Class, Perancis - 261 Meter

Tidak mau kalah dengan Rusia dan Amerika Serikat, kali ini giliran Perancis yang melengkapi angkatan lautnya dengan sebuah kapal perang yang bernama Charles de Gaulie. Charles de Gaulie adalah kapal perang andalah Perancis yang bertenagakan nuklir. Saat ini, kapal perang Charles de Gaulie diletakkan di luar daerah perairan angkatan laut Amerika.

Pembuatan Charles de Gaulie bisa dibilang tidaklah semudah yang dibayangkan. Setelah mengalami penundaan dan masalah ekonomi, pada tahun 2001, barulah kapal perang ini resmi diluncurkan. 

Menurut pemerintah Perancis, biaya pembuatan Charles de Gaulie mencapai angka 4 miliar USD. Charles de Gaulie sanggup membawa 40 pesawat tempur mampu mengarungi lautan selama 20 tahun.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Kapal Perang Terbesar di Dunia (Bagian 2)

Related

International 6396160975836154454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item