Inilah 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Indonesia

Negara tercinta kita ini ternyata masuk ke dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Tentunya ini membuat kita jadi bangga. Penasaran seberapa besar negara kita ini dalam menghasilkan batu bara? Bersiaplah untuk terkejut karena Indonesia menghasilkan batu bara sebanyak 5,5 billion ton per tahun.

Produksi batu bara kita ini turut menyumbang 44% untuk tenaga listrik di Indonesia. Pulau yang menjadi pusat produksi batu bara terbesar yaitu Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Penyimpanannya berada di Sumatra, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Australia

Siapa sangka benua Australia yang ditakuti karena hampir semua hal disana ingin membunuhmu tersebut ternyata masih menyimpan hal positif. Dengan total produksi batu bara yang mencapai 413 metrik ton per tahun. 

Dari total 423 metrik ton tersebut, sebanyak 90% batu bara diekspor ke luar. Diketahui Australia memiliki tambang batu bara sebesar 76,4 billion ton. Sekitar 74% nya di dapat dari tambang terbuka. New South Wales dan Queensland memproduksi batu bara hitam, sedangkan Victoria batu bara coklat.

India

Jika dulu nama India dianggap sebelah mata oleh banyak orang, kini sudah tidak lagi. India telah mengalami sejumlah perkembangan di segala sektor. Perlu ditambahkan lagi, bukan hanya mengalami perkembangan pesat, India juga termasuk dalam salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

India seakan tidak bisa lepas dari batu bara. Sebanyak 68% tenaga listrik di India bergantung pada batu bara. Jharkhand, Chhattisgarh, Orissa, dan Bengal Barat adalah area penghasil batu bara terbesar di India. Total sebanyak 70% batu bara dihasilkan dari wilayah tersebut.

Amerika Serikat

Ada banyak hal kenapa Amerika Serikat dijuluki negara super power. Ternyata salah satunya adalah negeri Paman Sam ini merupakan negara penghasil batu bara terbesar kedua di dunia. Amerika Serikat tercatat menghasilkan batu bara sebanyak 922 metrik ton per tahun. 

Tidak hanya banyak memproduksi batu bara, Amerika juga terkenal sangat konsumtif menggunakannya.

37% dari hasil produksi batu bara dimanfaatkan sebagai tenaga listrik oleh pemerintah Amerika Serikat. Terdapat 25 negara bagian di Amerika yang menjadi sumber batu bara. Dengan teknologinya yang maju, Amerika diperkirakan masih bisa menghasilkan batu bara lebih banyak lagi.

Cina

Sudah lebih dari 3 dekade, tidak ada satupun negara di dunia yang berhasil menggeser posisi Cina sebagai negara paling banyak memproduksi batu bara di dunia. Cina tercatat memproduksi batu bara sebanyak 3,7 bilion ton per tahun. Dimana hasil tersebut merupakan 47% dari total produksi batu bara yang ada di dunia.

Karena Cina merupakan negara yang sangat padat, jumlah batu bara yang mereka konsumsi juga sangat banyak. Lebih dari 50% batu bara mereka konsumsi. Tambang batu bara di Cina tersebat hampir sebanyak 28 propinsi. Batu bara tersebut memiliki peran sebanyak 80% untuk menghasilkan tenaga listrik.

Related

Business 3046718169264297741

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item