Kisah Miris Wanita Cari Jodoh di Facebook, Berakhir Tertipu Rp 700 Juta


Naviri Magazine - Belakangan, banyak orang cari jodoh di media sosial. Banyak yang berhasil tapi tak sedikit pula yang malah menyisakan kisah miris. Seperti seorang wanita yang mengaku tertipu pria yang ditemuinya di aplikasi kencan Facebook. Berniat mendapatkan kekasih sekaligus uang, wanita itu malah tertipu hingga ratusan juta.

Wanita bernama Eva Kedoula itu berniat untuk mencari pasangan setelah perceraiannya. Ia pun bertemu dengan pria bernama Jesse yang entah bagaimana membuatnya percaya. Singkat cerita, wanita 53 tahun itu mempercayakan uangnya sebagai investasi untuk dibuat lebih banyak lagi. Tak disadarinya jika hal itu adalah jebakan dan penipuan.

"Aku terkena umpannya. Dia memanfaatkan keserakahanku. Ada banyak hal yang membuatnya terlihat seperti resmi. Dia membuatku berpikir bisa membuat uang, jadi aku meminjam uang yang tidak aku punya," ujarnya, dilansir Mirror.

Dikatakan jika Eva mulai 'berpacaran' dengan Jesse sejak beberapa bulan lalu. Tak lama setelahnya, pria yang mengklaim berusia 34 tahun tersebut mulai mengirimkan link ke sebuah aplikasi finansial. Awalnya, ia mengirimkan uang £5000 lalu mendapatkan beberapa notifikasi jika ia mendapatkan keuntungan besar.

Karena itu, ia berani meminjam uang dan mengumpulkan tambahan £35,000 (Rp 796 jutaan) yang kemudian ditransfer ke aplikasi tersebut. Eva saat itu tidak mengetahui bahwa aplikasi tersebut palsu. "Aku berpikir aplikasi tersebut resmi. Aku mengabaikan tanda-tanda mencurigakannya," kata Eva.

Dua minggu setelah mengirimkan uang, Eva mencoba menarik uang tapi aplikasi itu menyarankan untuk mengumpulkan lebih banyak lagi agar keuntungan semakin tinggi. Ketika Eva menolak, ia malah diancam akan dilaporkan ke Interpol karena dituduh menipu.

"Aku tidak bisa lagi berbohong pada diriku sendiri. Aku mengirim pesan pada Jesse dan dia mencoba untuk menyalahkanku bahwa aku melakukan hal yang salah. Saat itulah aku pergi ke polisi," ujarnya.

Setelah dilaporkan, para pakar mengaku bahwa itu merupakan kasus yang sulit ditangkap karena dioperasikan secara mendunia. Para penipu biasanya merayu korban dengan kata-kata manis sebelum mengambil uang mereka.

Related

News 5193716183575315055

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item