Kisah Para Ilmuwan Menemukan dan Mengetahui Lapisan-lapisan di Dalam Bumi


Naviri Magazine - Ketika para ilmuwan mulai meneliti lembah-lembah di bumi untuk mengenal struktur dan unsur-unsurnya, mereka menemukan bahwa bumi berbentuk bulat telur. 

Mereka menduga bahwa inti bola bumi mempunyai suatu nukleus, dan cangkangnya adalah kerak bumi yang sangat tipis jika dibandingkan dengan ukuran bumi. Dan antara dua lapisan ini ada lapisan ketiga yang biasa disebut dengan kata mantel. Ini merupakan pengetahuan awal para ilmuwan.

Perkembangan Fakta-fakta Ilmiah

Teori Tiga Lapisan ini tidak cukup lama bertahan, karena penemuan-penemuan terbaru di sistem geologi. Pengukuran-pengukuran dan percobaan-percobaan terbaru menunjukkan bahwa bagian yang berisi nukleus bumi itu berada di bawah tekanan yang sangat tinggi, tiga juta kali lebih dari permukaan bumi.

Di bawah tekanan seperti itu, zat berubah bentuk menjadi solid, dan hal ini pada gilirannya membuat inti bumi sangat solid. Inti bumi dikelilingi suatu lapisan zat cair dengan suhu yang sangat tinggi. Ini berarti bahwa ada dua lapisan di dalam inti bumi, bukan satu. Satu lapisan di dalam pusat yang dikelilingi lapisan zat cair.

Hal itu diketahui sesudah alat-alat pengukur dikembangkan dan memberi para ilmuwan suatu perbedaan yang jelas antar lapisan-lapisan bumi bagian dalam. 

Jika kita turun ke bawah bumi yang keras, kita akan menemukan lapisan batu-batu yang sangat panas, yaitu batu yang berfungsi untuk membungkus. Setelah itu ada tiga lapisan terpisah, di mana masing-masing berbeda kepadatan, tekanan, dan suhu yang berbeda-beda.

Oleh karena itu para ilmuwan mengklasifikasi lapisan-lapisan bumi jadi tujuh lapisan. Berbagai studi dan penemuan tersebut saat ini diajarkan kepada para mahasiswa fisika di berbagai universitas.

Kerak bumi adalah lapisan sangat tipis yang disusul dengan mantel, dengan berbeda-beda ketebalannya, lalu disusul lapisan-lapisan yang terdiri dari zat cair, dan diakhiri dengan lapisan ketujuh, yaitu nukleus padat.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa atom terdiri dari tujuh lapisan atau tingkatan, dan hal ini membuktikan keseragaman, di mana bumi mempunyai tujuh lapisan dan atom-atom mempunyai tujuh lapisan juga. 

Tujuh lapisan bumi itu sangat berbeda-beda dari segi struktur, kepadatan, suhu dan bahannya. Oleh karena itu, tidak seorang pun menganggap bumi hanya mempunyai satu lapisan. 

Related

Science 1869510494194819500

Recent

item