Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Spyware

Spyware adalah program yang diam-diam telah masuk atau dimasukkan ke dalam komputer Anda, dengan tujuan mengambil data. Tujuan awal dari pembuatan spyware adalah mencari data dari pemakai internet, dan mencatat kebiasaan seseorang dalam menyelusuri dunia maya. 

Bagaimana cara masuknya program spyware ini? Pada umumnya, program jenis spyware masuk secara langsung dengan mengelabui pemakai internet. Bisa saja seseorang sedang membuka sebuah website, dan secara tidak sengaja menerima sebuah pesan tertentu, dan melakukan apa yang dikehendaki oleh si pembuat pesan atau situs yang dikunjunginya itu. 

Sebenarnya, spyware tidak berbahaya, karena hanya difungsikan untuk memata-matai komputer seseorang setelah berkunjung ke internet. 

Hanya saja, penyakit ini semakin hari semakin berkembang, dan spyware bahkan sudah dijadikan alat untuk mencari data pribadi pada sebuah komputer, diam-diam menggunakan koneksi internet Anda tanpa diketahui, atau menggunakan komputer Anda untuk menjadi mata-mata tanpa Anda ketahui.

Adware

Pada dasarnya, adware dibuat untuk difungsikan sebagai promosi atau iklan berbentuk banner. Adware masuk pada sebuah shareware yang digunakan seseorang, tetapi di dalamnya terdapat program yang difungsikan untuk tujuan iklan, yang kemudian disebut sebagai adware. 

Misalnya, program A diberikan secara gratis, tapi ternyata memiliki jendela kecil pada program tersebut, dan terus berganti-ganti gambar iklan. 

Kategori di atas tentu saja masih dapat dikatakan aman, karena pembuat program tersebut memberikan programnya secara gratis, dan dia mendapatkan dananya dari iklan yang ditempatkan pada programnya. 

Hanya saja, program adware ini mulai dimanfaatkan terlalu banyak, sehingga terkadang sampai mengambil bandwidth atau beban koneksi internet yang terlalu besar, dan akhirnya membuat koneksi internet menjadi sangat lambat serta menganggu komputer ketika melakukan surfing internet. 

Lebih parah lagi jika adware sudah masuk ke dalam komputer dan menjakiti program Windows. Karena ketika itu terjadi, maka ketika Anda membuka halaman internet, maka yang muncul adalah link ke situs yang ditentukan oleh program adware tadi. 

Hal paling menjengkelkan dalam hal ini adalah apabila jenis adware yang menjangkiti tersebut tidak dapat ditutup. Begitu satu pop up iklan muncul ditutup, tidak lama lagi muncul pop up iklan baru yang lebih banyak.

Bahkan, selain itu, adware juga dapat melakukan pekerjaan ganda untuk merekam data pengguna internet. Misalnya mencari tahu kemana saja seorang pemakai komputer melakukan surfing di internet, atau ingin mengetahui apakah orang itu juga mengunjungi pihak perusahaan pesaing yang sama. Artinya, dengan adanya adware, privasi seseorang mulai dapat dilihat oleh orang lain. Lebih dari itu, adware bukan hanya mengganggu privasi seseorang, tetapi juga mencuri bandwidth internet Anda secara diam-diam.

Cara-cara pencegahan

Pada saat ini, ada lebih dari 50.000 jenis malware yang berkeliaran di internet dan siap membuat komputer Anda sakit. Lalu bagaimana cara menghindari atau mencegah serangan penyakit ini, sehingga komputer Anda senantiasa sehat? 

Tidak ada jalan lain, Anda harus berinternet secara sehat pula. Ingatlah selalu bahwa penyakit ini datang dari internet. Dan sebagaimana penyakit di dunia kita, bibit penyakit selalu bersarang di tempat-tempat yang tidak bersih.

Karenanya, untuk dapat mencegah masuknya penyakit internet itu ke komputer, maka tips-tips berikut ini layak Anda perhatikan:

Sebaiknya hindari situs-situs yang “berbahaya” atau rawan penyakit semisal situs porno, atau situs-situs yang menyediakan konten gratis tetapi secara ilegal. Para pembuat malware tahu bahwa situs-situs semacam itu biasanya dikunjungi banyak orang. 

Karenanya, mereka pun menyiapkan bibit penyakit mereka di situs-situs semacam itu. Ketika Anda terhubung dengan situs-situs semacam itu, maka komputer Anda akan rawan terkena penyakit.

Usahakan agar Anda tidak meng-klik pesan “Next” yang ada di situs-situs tertentu yang mencurigakan, atau yang belum Anda kenali. Yang sering terjadi, pesan “Next” semacam itu digunakan dengan tujuan untuk menjebak agar malware bisa masuk ke komputer Anda. 

Cara kerjanya kurang lebih seperti ini. Anda masuk ke suatu situs, lalu muncul pesan bahwa Anda baru bisa melihat isi situs tersebut jika Anda meng-klik pesan yang muncul di layar. Begitu Anda meng-klik pesan itu, maka program malware pun masuk ke komputer Anda.

Hindari meng-klik sebah link alamat yang terdapat pada sebuah e-mail, jika Anda tidak yakin dengan alamat tersebut, atau tidak kenal dengan pengirim e-mail tersebut. Mungkin bisa saja Anda berpikir bahwa link itu hanyalah alamat situs biasa. 

Tetapi bisa pula link itu adalah sebuah situs yang telah menunggu kedatangan Anda. Artinya, begitu Anda meng-klik link alamat tersebut dan masuk ke situs yang dituju, bersamaan dengan itu pula sebuah malware disusupkan ke komputer Anda. 

Hati-hati jika Anda men-download program atau aplikasi yang disediakan secara gratis. Memang ada banyak software atau program gratisan yang berkualitas baik, tetapi tidak semuanya. 

Ada kalanya sebuah program diberikan secara gratis, tetapi ternyata di dalamnya telah disusupi malware yang kemudian menjadikan komputer Anda terserang penyakit. Dampak yang paling menjengkelkan dari kenyataan semacam itu adalah kinerja komputer Anda jadi sangat lambat, dan biaya internet Anda akan langsung membengkak.

Jika Anda memasuki halaman suatu situs dan diminta untuk menginstal suatu program tertentu dengan tujuan tertentu, sebaiknya tinggalkan saja situs itu. Pertama, Anda tidak membutuhkan hal semacam itu. 

Anda tidak perlu repot menginstal sesuatu hanya untuk melihat sebuah halaman situs. Dan kedua, yang sering terjadi, program yang diminta untuk diinstal itu hanyalah cara yang digunakan pembuat malware untuk memasukkan virus penyakit mereka ke komputer Anda. Begitu Anda mau menginstalnya, maka saat itulah malware masuk dan menjangkiti komputer Anda.

Biasanya, browser Internet Explorer menjadi sasaran para pembuat virus penyakit. Karenanya, jika Anda ingin aktivitas berinternet Anda lebih aman, sebaiknya gunakan browser lain selain Internet Explorer, semisal Mozilla Firefox atau yang lainnya.

Gunakan program anti spyware untuk menghadapi serangan malware atau spyware. Program anti spyware dapat mencegah masuknya program yang akan mengganggu dan menyerang komputer.

Related

Tips 3890855475347971169

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item