Panduan Mengatasi Berbagai Masalah Dinding Rumah


Naviri Magazine - Dinding rumah kita sangat rentan dengan berbagai masalah yang muncul, baik karena usia dindingnya, ataupun karena faktor cuaca, udara, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa masalah yang bisa terjadi pada dinding rumah, dan tips serta kiat mengatasinya.

Dinding berjamur

Apabila isolasi atau penyekatan serta ventilasi dalam suatu ruangan kurang baik, maka uap air akan diserap oleh dinding, dan dapat menyebabkan timbulnya jamur. Untuk mengatasi hal ini, bukalah jendela, dan pasang fan untuk memperbaiki atau menormalkan sirkulasi udara yang ada di dalamnya.

Dinding kosong

Hal ini disebabkan oleh adanya campuran beton atau adukan yang salah. Campuran adukan beton yang benar adalah 1/3 semen dan 2/3 pasir. Apabila campuran pasir lebih banyak dari takaran tersebut, maka dinding pun akan mengalami kekosongan. 

Untuk mengatasi hal ini, periksalah keadaan dinding ketika Anda membeli rumah lama (rumah yang telah atau pernah ditinggali). Apabila dinding luar terasa lembap, catlah terlebih dulu dengan sealer yang tahan air (water resistant). 

Dinding baru membutuhkan sedikitnya waktu dua minggu untuk benar-benar kering sebelum dicat. Untuk hal ini, pastikan tukang yang membangun rumah Anda tidak terburu-buru ketika mengerjakan bangunan. Karena jika tidak, beton atau dinding akan selalu lembap, dan bisa menyebabkan keretakan pada dinding bila ada rembesan air.

Cat dinding yang mulai mengelupas

Apabila dinding ditempeli jamur dan cat terlihat mengelupas, masalahnya biasanya berasal dari rembesan air hujan. Untuk hal ini, periksalah rel jendela dan pintu, serta pastikan tidak ada celah. Apabila terlihat celah, tutuplah dengan menggunakan campuran silikon yang tahan air.

Noda air pada dinding

Jika terdapat noda air pada dinding dan tercium bau asam, kemungkinan besar ada air rembesan yang datang dari pipa saluran AC atau saluran air kotor. 

Walaupun Anda melapisi dinding tersebut dengan lapisan tahan air, namun lapisan tersebut tidak akan menempel jika dinding terlalu lembap. Solusinya, betulkan pipa saluran AC atau saluran air kotor di rumah Anda.

Related

Tips 676579613406835973

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item