Panduan Merawat LCD Handphone agar Tak Mudah Rusak


Naviri Magazine - LCD atau bahasa awamnya layar handphone, seringkali tanpa kita sadari tergores dan menjadikan layar handphone tidak lagi jernih. Hal itu bisa saja disebabkan karena kecerobohan si pemakai. Padahal jika akibat ceroboh itu layar handphone kemudian mati, maka fatal akibatnya. Puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu rupiah bisa keluar dari dompet Anda untuk memperbaikinya. 

Nah, agar terhindar dari masalah seperti itu, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat layar handphone atau LCD:

Jika handphone Anda dalam masa garansi, sebaiknya jangan melakukan perubahan (modifikasi) apapun di luar petunjuk penggunaan, semisal ingin mengikuti tren mengganti lampu. Sebab jika itu dilakukan, maka tidak ada jaminan lagi bagi kerusakan handphone. 

Lagi pula mengganti lampu yang bukan merupakan aksesoris resmi dapat menimbulkan risiko kerusakan yang serius pada handphone kesayangan Anda. Semisal lampu yang mudah pecah atau dudukan yang tidak / kurang pas dengan handphone.

Biasanya setiap handphone (khususnya yang low end) yang telah melewati masa dua tahun pemakaian akan mengalami gangguan pada mulai lemahnya daya pada LCD. Jika demikian, datanglah ke tempat servis resmi dan gantilah contact LCD-nya. 

Usahakan agar handphone tidak terlalu sering terkena guncangan, apalagi sering jatuh. Jika dibiarkan sering terkena guncangan, apalagi jatuh, lama kelamaan contact LCD bisa mengalami kerusakan.

Jangan tertekan atau ditekan. Ini merupakan anjuran penting sebab jika sampai tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya, dan akibatnya gambar tidak akan keluar lagi.

Jangan terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung. Ini dapat mengurangi kinerja kualitas kristal yang terdapat pada LCD.

Juga jangan sering berada pada suhu dingin, sebab lagi-lagi kinerja LCD pun dapat terganggu.

Pilihlah casing yang pas, untuk chasing orisinal tidak ada masalah, yang perlu perhatian jika membeli chasing yang tidak orisinal. Hati-hati dengan jarak kaca chasing dengan LCD di dalam; sebaiknya tidak terlalu dekat.

Related

Tips 4790932198016006059

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item