Pria Disabilitas Bersihkan Sampah di Sungai Selama Bertahun-tahun Pakai Perahu, Kisahnya Viral


Naviri Magazine - Menjaga lingkungan sepertinya tugas yang berat, tapi itu tidak pernah menjadi masalah bagi NS Rajappan. Meski lumpuh dari pinggang ke bawah, dia telah membersihkan sungai di kampung halamannya selama bertahun-tahun.

Seorang fotografer yang kebetulan mengambil fotonya kemudian mengunggahnya secara online. Itu kemudian menginspirasi orang lain untuk membantu melindungi planet ini.

Orang-orang melempar botol ke arahnya

Nandu baru saja berhenti dari pekerjaan tekniknya, dan mulai mengejar minatnya pada fotografi. Berbekal kamera sewaan, ia mulai mencari objek yang menarik. Suatu hari, ia melihat sesuatu yang tak biasa. Dia melihat seorang pria mendayung perahu sambil mengumpulkan sesuatu dari sungai.

Saat perahu itu mendekati orang lain di dekat tepi sungai, orang-orang mulai melempar botol di dekat perahu itu. Nandu memotret laki-laki itu, bertanya-tanya, dan berharap bisa mengetahui kisah lelaki itu.

Telah mengumpulkan botol selama bertahun-tahun

Pria itu adalah NS Rajappan. Dia tak dapat berjalan sejak masih muda, tapi itu tak menghentikannya untuk menyelesaikan misinya.

Kini di usia 69 tahun, dia telah memungut plastik terutama botol di sungai selama lebih dari 5 tahun. Setelah seharian mengumpulkan plastik, ia menjual plastik yang bertumpuk di perahunya dengan imbalan 2.500 rupiah.

"Seseorang harus membersihkan limbah di air," ujarnya dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari Brightside.

Foto-fotonya diunggah online dan viral

Nandu pergi ke Rajappan dan menunjukkan foto yang diambilnya. Rajappan tersenyum padanya sebagai jawaban, dan pada saat itu Nandu tahu bahwa fotografi adalah panggilan jiwanya.

Pria itu lalu mengunggah foto-fotonya ke media sosial. Tak lama kemudian, foto-foto itu viral dan diperbincangkan di media sosial. Kisah Rajappan bahkan kemudian diangkat oleh kantor berita lokal.

Mendapat bantuan dari orang-orang

Apa yang dilakukan oleh Rajappan menarik perhatian Perdana Menteri India. Ia kemudian memberikan dukungan moral serta bantuan kepada pria itu.

Tak hanya itu, orang-orang yang mengetahui kisahnya juga berbaik hati membelikan dirinya sebuah perahu motor baru, sementara yang lain menawarkan untuk membangun sebuah rumah baru untuk Rajappan. Sebuah perusahaan juga memberinya kursi roda bermotor. Semua orang berterima kasih atas apa yang telah ia lakukan selama ini.

Nandu dan Rajappan tetap berteman baik

Nandu dan Rajappan menjadi teman sejak saat itu. Nandu sering mengunjungi Rajappan untuk berbagi berita dan video terbaru ceritanya.

Nandu telah membuat akun media sosial untuk mengejar mimpinya menjadi fotografer profesional. Rajappan, di sisi lain, terus mengumpulkan botol plastik menggunakan perahu barunya.

Related

News 5996588119229968219

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item