Berapa Sebenarnya Ukuran 1 Gigabyte? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Gigabyte adalah ukuran untuk kapasitas penyimpanan data komputer. Satu gigabyte berarti satu milyar byte, satu juta kilobyte, seribu megabyte, atau tepatnya 1.073.741.824 bytes. 

Selain Gigabyte, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Gigacycle 

Satuan ukuran frekuensi dengan 1 Gigacycle = 1 milyar Hertz. 

Gigaflops

Satu milyar floating-point operation per detik.

Gigascale Integration

Proses menempatkan lebih dari satu milyar IC pada satu chip.

GIGO 

Singkatan dari Garbage In Garbage Out, yaitu sebuah peringatan atas tidak adanya program yang menghasilkan keluaran yang sempurna apabila memakai data yang keliru. Jika data yang masuk salah, maka hasilnya pun akan salah.

GIS 

Singkatan dari Geographic Information System, yaitu sistem informasi berbasis geografis.

GKS

Singkatan dari Geographical Kernel System, yaitu standar grafis internasional yang memungkinkan pengguna memanipulasi, menyimpan dan mentransfer berbagai jenis objek dari gambar-gambar grafis.

Glare Filter

Semacam pelindung yang dipasang di atas layar monitor untuk mengurangi silau cahaya dari atas atau dari lampu ruangan.

Glitch

Istilah yang biasa digunakan untuk gangguan atau kerusakan sementara pada hardware.

G.Lite DSL

Sering juga disebut sebagai Universal DSL atau G.Lite, yaitu sebuah tipe standar DSL yang sudah dikembangkan bersama-sama oleh sebuah group perusahaan komputer dan telekomunikasi yang dikenal sebagai Universal ADSL Working Group atau UAWG. G.Lite memungkinkan sebuah modem DSL untuk beroperasi langsung dengan sambungan telepon biasa, atau dengan sebuah line telepon tunggal.

Global Resource Sharing 

Penggunaan perangkat keras secara bersama-sama oleh semua prosesor yang ada. 

Global Search 

Pencarian dengan cepat atas semua file yang memiliki nama dengan satu kata atau beberapa karakter yang sama. 

Global Variabel 

Variabel yang akan tetap dikenali oleh program di manapun program tersebut berada, karena bukan merupakan variabel dalam satu blok tertentu. 

Glossary 

Daftar istilah berikut penjelasan pengertian istilah-istilah tersebut. 

GMR

Singkatan dari Giant Magneto Resistive, yaitu teknologi harddisk yang menggunakan sensor untuk merespon rotasi yang sangat kecil pada lempengan di dalam harddisk.

Go Back N 

Metode kendali urutan pada protokol Data Link Control (DLC) dengan cara mengirim data dan sinyal kendali secara terus-menerus. Apabila terdapat satu blok yang terganggu, maka blok data tersebut dan blok selanjutnya akan kembali dikirim ulang. 

GOCA

Singkatan dari Graphics Object Content Architecture, yaitu sebuah dokumen berformat IBM yang berisi campuran antara grafik dan teks.

Hardware

Perangkat keras (berwujud fisik), seperti piranti elektronik, magnetik, maupun mekanik. Hardware mencakup seluruh perangkat periferal beserta perangkat pendukungnya dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini merupakan kebalikan dari software.

Google Analytics

Sebuah layanan dari Google untuk para pemilik situs yang memberikan sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah trafik dan pengunjung situsnya. Google Analytics juga dikenal sebagai salah satu layanan web yang terpercaya.

Google Gadget 

Sebuah fasilitas dari Google yang memungkinkan kita bisa mempercantik dan menambahkan fitur-fitur lain pada sebuah website atau blog.

Google Maps 

Sebuah layanan peta virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google. Google Maps menawarkan peta seluruh dunia, dan juga menawarkan fitur perencanaan rute dan pencari lokasi bisnis di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Hongkong, China, Inggris, dan beberapa bagian Eropa. 

Related

Technology 8166386004462978023

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item