Ingin Memelihara Ikan Discus? Ini Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan


Naviri Magazine - Jika Anda berminat untuk memelihara atau membiakkan ikan discus, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Paling tidak, Anda harus memperhatikan bahwa bibit discus yang Anda pilih benar-benar bagus kualitasnya. Beberapa langkah berikut ini juga bisa Anda gunakan sebagai panduan:

Pilihlah ikan yang terbesar di antara kelompoknya dalam satu akuarium. Tubuh yang besar mengindikasikan bahwa pertumbuhan ikan tersebut yang paling cepat di antara kelompoknya.

Perhatikan bentuk tubuh ikan. Pastikan Anda memilih yang bentuk tubuhnya bulat karena itu mengindikasikan ikan tersebut sehat.

Perhatikan cara berenangnya. Bila ikan discus berenang tenang dan tidak tahu kehadiran orang, maka ikan tersebut kondisinya bagus.

Perhatikan sisiknya. Pastikan tidak ada sisik yang lepas, sebab bila ada maka ikan tersebut pernah sakit. Umumnya ikan discus yang sakit sisiknya akan tanggal.

Perhatikan sirip atas dan bawah ikan tersebut. Umumnya, ikan discus yang kondisinya baik, sirip atas dan bawahnya akan mengembang dengan sempurna saat berenang.

Perhatikan bentuk matanya. Bentuk mata ikan discus yang normal tidak menonjol. Bila mata ikan discus terlihat menonjol, maka ikan tersebut dalam kondisi kurang baik.

Untuk mengenal indikasi ikan discus yang sakit, berikut ini beberapa tandanya; sirip atas menguncup, warna ikan akan gelap, ikan berenang dengan tersentak-sentak atau tidak tenang, dan bila sakit, biasanya hanya akan berdiam di sudut akuarium.

Related

Tips 5821995380153080262

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item