Dari Rusia sampai Afrika, Inilah 10 Sungai Terpanjang di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Dari Rusia sampai Afrika, Inilah 10 Sungai Terpanjang di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sungai Yenisei, Asia - 5.539 km

Sungai Huang He memang hanya sungai terpanjang ketiga di Cina. Lalu, sungai apa yang lebih panjang dari Huang He? Jawabannya adalah sungai Yenisei. Yenisei yang merupakan sungai terpanjang kedua di Cina sekaligus sungai terpanjang kelima di dunia ini memiliki panjang yang mencapai 5.539 km.

Saluran pembuangan air dari sungai Yenisei ini seluas 2.580.000 km2. Sungai Yenisei ini diketahui masih merupakan bagian dari sungai Yellow. Ada alasan kenapa dinamakan sungai Kuning. Itu karena air di sungai Kuning mengandung lumpur yang berwarna kuning. Endapan lumpu ini sangatlah subur dan turut mendukung setengah produksi kapas dan gandum.

Sungai Mississippi, Amerika Utara - 6.275 km

Di Amerika Utara mengalir sebuah sungai besar dan panjang yang bernama sungai Mississippi. Sungai Mississippi ini memiliki panjang sekitar 6.275 km. inilah dia sungai terbesar keempat di dunia yang mengaliri hampir seluruh Amerika Serikat. Sungai Mississippi memiliki hulu di Danau Itasca di Meksiko dan berakhir di Teluk Meksiko.

Sungai ini melewati sebanyak 31 negara bagian di Amerika Serikat dan 2 propinsi di Kanada. Sungai ini sering sekali masuk ke dalam iklan televisi di Amerika.Air di sungai Mississippi memiliki arus yang cukup deras. Maka dari itu, para warga yang tinggal di dekat aliran sungai diperingatkan untuk selalu berhati-hati.

Sungai Yangtze, Cina - 6.418 km

Cina memiliki 3 sungai yang berhasil masuk ke dalam daftar sungai terpanjang dunia. Sungai Yellow yang berada di urutan 6 dan sungai Yenisei di urutan 5. Kedua sungai itu termasuk dalam 3 sungai terpanjang di Cina. Lalu, sungai yang mampu mengalahkan panjang dari kedua sungai itu, tidak lain adalah sungai Yangtze.

Sungai Yangtze menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia dengan panjang yang mencapai 6.418 km. Sungai ini adalah salah satu magnet bagi para turis baik itu turis dalam negeri atau mancanegara. 

Sungai Yangtze memiliki hulu di Tanggula dan di Cina sebelah Barat, propinsi Qinghai. Sungai Yangtze melalui 11 area antara lain Shanghai, Chongqing, Yunnan, Hunan, Tibet, Jiangsu, Sichuan, Hubei, Qinghai, dan Anhui. Bermuara di Laut Cina Timur.

Sungai Amazon, Amerika Selatan - 6.400 km

Nama sungai Amazon sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Sungai yang menjadi tempat tinggal bagi sejumlah spesies hewan eksotis, sungai paling berbahaya, sungai yang melalui hutan hujan terbesar di dunia, dan sekaligus sungai terpanjang kedua yang ada di dunia. Panjang sungai Amazon mencapai 6.400 km.

Jika kalian tahu ikan piranha, ular anakonda yang super panjang dan besar, itu hanya beberapa hewan eksotis yang tinggal di sungai ini. Masih ada banyak lagi hewan yang butuh dieksplorasi dari sungai Amazon. 

Seiring berjalannya waktu dan perubahan iklim, membuat volume air sungai Amazon semakin lama semakin berkurang. Tidak heran kenapa pemerintah Amerika kini tengaj berusaha keras untuk menjaga sungai Amazon ini agar tidak rusak.

Sungai Nil, Afrika Timur - 6.650 km

Dan, sungai yang mengalahkan sembilan sungai yang telah disebutkan di atas adalah sungai Nil. Sungai Nil yang berada di Afrika Timur ini memiliki panjang sungai yang mencapai 6.650 km. Termasuk di dalamnya ada saluran pembuangan air seluas 3.254.555 km2. Sunagi Nile mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania. 

Ada 11 negara di Afrika yang ternyata memiliki ketergantungan pada sungai Nile. Kesebelas negara tersebut adalah Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. 

Khusus Mesir dan Sudan, kedua negara tersebut adalah negara yang benar-benar bergantung pada keberadaan sungai Nil. Di tahun 2007, muncul perdebatan antara mana yang lebih panjang antara sungai Nile atau Amazon. Dan, akhirnya dimenangkan oleh sungai Nil.

Related

Nature 743912318066939561

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item