Hasil Survei: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Mencapai 80,2%


Naviri Magazine - Hasil survei Y-Publica menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf mencapai 80,2 persen.

"Tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi menembus 80 persen, atau mencapai posisi tertinggi dalam setahun terakhir," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono.

Sebelumnya, kepuasan publik terhadap Jokowi sempat turun pada survei bulan Juli 2020, namun kini terus bergerak naik. Publik yang merasa tidak puas kini hanya sebesar 17% sementara 2,8% menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Menurut Rudi, tingginya kepuasan publik tidak bisa dilepaskan dari berbagai jurus yang diambil Presiden Jokowi, khususnya dalam menangani pandemi Covid-19 dan dampak ekonomi yang timbul.

Kurva kasus Covid-19 di Indonesia disebut telah mencapai puncaknya dan mulai turun sejak Februari 2021. Vaksinasi Covid-19 juga masif dilakukan dan tidak kalah dengan negara tetangga di ASEAN.

Indonesia berhasil mendatangkan stok vaksin lebih awal berkat hubungan diplomasi baik dengan negara-negara produsen vaksin.

Pertumbuhan ekonomi memang masih berada di zona negatif, namun terus bergerak naik keluar dari jurang resesi.

"Kini pelan-pelan Indonesia telah bangkit dengan pertumbuhan Kuartal I 2021 sebesar -0,74 persen," ujarnya.

Meski begitu, pemerintah diminta tidak berpuas diri karena ada ancaman gelombang kedua Covid-19 yang tidak dapat diremehkan.

Survei Y-Publica dilakukan pada tanggal 1-10 Mei 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error sekitar 2,89% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Related

News 6144937810874247771

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item