Ini 10 Istana Kepresidenan Paling Megah dan Mengagumkan di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Masing-masing negara memiliki pemimpin, biasanya presiden. Setiap presiden memiliki kantor sekaligus hunian khusus, yang biasanya disebut istana. Tempat khusus untuk presiden itu umumnya sangat besar dan megah. Karena, selain untuk bekerja, di istana itu pula presiden menemui tamu-tamu kehormatan dari negara-negara lain.

Terkait hal tersebut, berikut ini adalah sepuluh istana kepresidenan yang terkenal paling megah dan mengagumkan di dunia.

Presidential Palace Hanoi

Presidential Palace adalah nama resmi dari istana kepresidenan Hanoi, Vietnam. Istana presiden tersebut dibangun oleh seorang arsitek bernama Auguste Henri Vildieu. Auguste adalah seorang arsitek berkebangsaan Perancis, jadi, tidak heran kenapa istana kepresidenan Hanoi ini sangat mirip dengan bangunan ala Eropa.

Tidak semua bagian istana dibangun meniru bangunan Perancis, ada sejumlah bagian dalam istana yang meniru gaya Italia. Istana ini sengaja dibuat sebagai tempat pertemuan para pejabat pemerintahan. Mereka yang tidak berkepentingan, tidak bisa sembarangan masuk ke area istana kepresidenan Hanoi.

Hofburg Palace, Vienna

Salah satu negara di Eropa yang kaya akan bangunan dengan arsitektur unik dan sejarah adalah Austria. Ibu kota Austria yaitu Vienna, adalah kota tempat yang pas bagi kalian para traveler yang ingin mencari tahu tentang sejarah Austria. 

Sebagai ibu kota, sudah pasti Vienna mejadi kota yang paling sering mengadakan perjamuan atau pertemuan dengan sejumlah pejabat penting dari dalam dan luar negeri. Adalah Hofburg Palace yang menjadi tempat untuk menyambut para tamu kenegaraan yang datang ke Vienna.

Hofburg Palace istana kepresidenan yang memiliki karakteristik arsitektur dari abad ke 17. Hofburg Palace didesain oleh Johann Bernhard Fischer von Erlach. Bangunan ini dulunya pernah menjadi tempat tinggal dari raja kerajaan Romawi. 

Bangunan dengan nilai arsitektur tinggi tersebut selesai dibangun pada tahun 1279. Kini, Hofburg Palace menjadi rumah bagi presiden Austria.

Palace of Turkish President, Ankara

Salah satu istana kepresidenan yang mengagumkan ada di negara Turki, tepatnya berada di ibukotanya yaitu Ankara. Sebagai tempat tinggal presiden, akan terasa aneh jika bangunannya hanya terlihat biasa-biasa saja. Karena itulah istana kepresidenan Turki dibuat sebagus mungkin. Istana tersebut diberi nama Palace of Turkish President.

Istana presiden Turki tersebut dirancang berdasarkan bangunan Seljuk. Seljuk adalaah kerajaan jaman pertengahan Turki-Persia di abad 11 dan 13. Merupakan cabang dari Oghuz Turks yaitu Qynyq. Bangunan besar tersebut diresmikan sebagai tempat istirahat presiden oleh presiden Erdogan pada tanggal 29 Oktober 2014.

Presidential Palace of Suriname, Suriname

Suriname memang merupakan negara kecil yang ada di timur laut Amerika Selatan. Terkenal akan hutan hutannya, Suriname adalah negara bekas kolonial Belanda. Jadi, banyak bangunan bergaya Belanda yang ada di negara kecil ini. Bangunan bergaya Belanda tersebut termasuk juga istana kepresidenan Suriname.

Istana Presiden Suriname dibangun pada tahun 1730 dengan gaya arsitektur bangunan Belanda. Pada tahun 1970an, wilayah Amerika Selatan memang dikenal sebagai wilayah koloni dari Belanda. 

Tempat peristirahatan presiden Suriname tersebut terletak di ibukota Suriname yaitu Paramaribo. Bangunan multifungsi tersebut juga berguna sebagai tempat kongres, pengadilan, dan kementrian keuangan.

Palacio da Alvorada, Brazilia

Dimana lagi tempat presiden untuk istirahat dan bekerja apabila bukan di istana kepresidenan? Semakin luas, bagus, dan lengkap, bukan hanya presiden saja yang betah di istana, tapi tamu kenegaraan yang datang ke negara yang bersangkutan juga akan merasakan rasa betah. 

Negara yang terkenal akan sepakbola yaitu Brazil, memiliki tempat istirahat bagi presidennya yang sangat mewah.

Palacio da Alvorada, itulah tempat presiden Brazil bekerja sekaligus beristirahat. Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek terkenal asal Brazil yaitu Oscar Niemeyer. Palacio da Alvorada berhasil diselesaikan pada tahun 1958. 

Karena dirasa masih ada banyak yang kurang, pada tahun 2004 dan 2006, Palacio da Alvorada dilakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana sekitar 18 juta USD.

Baca lanjutannya: Ini 10 Istana Kepresidenan Paling Megah dan Mengagumkan di Dunia (Bagian 2)

Related

International 7408895701732455064

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item