Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja dari Elon Musk


Naviri Magazine - Elon Musk, CEO Tesla, membagi beberapa tips pada karyawan di perusahaan untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Tak perlu bertele-tele dan membuang-buang waktu.

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Apalagi, kerja dari rumah membuat orang menjadi terlalu longgar atau justru berlebihan dalam bekerja sehingga produktivitas kerja menurun. Berikut tipsnya.

Hindari rapat besar

Menurut Elon Musk, kecuali pertemuan besar dengan tujuan jelas dalam kurun waktu singkat, rapat besar harus dihindari.

“Rapat yang berlebihan adalah penyakit buruk bagi perusahaan besar dan hampir selalu menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Harap singkirkan semua rapat besar kecuali yakin rapat tersebut memberikan nilai kepada seluruh peserta yang dalam hal ini harus dibuat sangat singkat," paparnya, dilansir dari Time Now News.

Jangan terlalu sering rapat

Selanjutnya, ia menyarankan tidak terlalu sering mengadakan rapat kecuali untuk urusan yang sangat mendesak.

“Juga singkirkan pertemuan yang sering, kecuali jika menghadapi masalah yang sangat mendesak. Frekuensi pertemuan akan menurun dengan cepat setelah masalah mendesak diselesaikan," jelasnya.

Tinggalkan rapat jika tidak ada yang penting

"Keluar dari rapat atau tinggalkan segera setelah jelas-jelas tidak memberikan nilai tambah. Tidak kasar untuk pergi, tidak sopan membuat orang tinggal dan membuang waktu.

Jangan menggunakan akronim atau kata-kata tidak masuk akal yang tidak dipahami orang lain

Secara umum, segala sesuatu yang membutuhkan penjelasan menghambat komunikasi. Kita tidak ingin orang harus menghafal glosarium hanya agar berfungsi di Tesla.

Ambil rute terpendek untuk berkomunikasi

Tips kelima, Musk ingin karyawan mengambil jalur komunikasi terpendek untuk menyelesaikan pekerjaan, terlepas dari rantai komando. Komunikasi harus berjalan melalui jalur terpendek yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, bukan melalui rantai komando. 

Setiap manajer yang mencoba untuk menegakkan komunikasi rantai komando akan segera menemukan diri mereka bekerja di tempat lain.

Izinkan aliran bebas komunikasi di suatu departmen

“Sumber utama masalah adalah komunikasi yang buruk antardepartmen. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan informasi mengalir bebas di antara semua tingkatan. Jika untuk menyelesaikan sesuatu antardepartmen, kontributor individu harus berbicara dengan manajer mereka, yang berbicara dengan direktur, yang berbicara dengan VP, yang berbicara dengan VP lain, yang berbicara dengan direktur, yang berbicara dengan manajer, yang berbicara dengan seseorang yang melakukan pekerjaan sebenarnya, maka hal-hal yang sangat bodoh akan terjadi. Tidak apa-apa bagi orang-orang untuk berbicara langsung dan mewujudkan hal yang benar,” papar Musk.

Gunakan akal sehat

Tips ketujuh adalah penggunaan akal sehat dan memilihnya sebagai panduan. “Secara umum, selalu pilih akal sehat sebagai panduan. Jika mengikuti aturan perusahaan, jelas konyol dalam situasi tertentu sehingga akan menjadi kartun Dilbert yang hebat, maka aturan tersebut harus berubah," jelas Elon Musk.

Related

Tips 3573285771191057820

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item