Kisah Sukses 4 Crazy Rich Indonesia yang Pernah Jualan Makanan


Naviri Magazine - Tak ada kesuksesan yang instan. Seperti yang dialami oleh beberapa pebisnis ini. Mereka sempat berjualan makanan untuk memulai karirnya.

Beberapa pebisnis muda sukses hingga disebut Crazy Rich Indonesia. Bekerja keras dan memulai usaha dari nol. Bahkan mereka pernah jualan makanan untuk berjuang hidup.

Beberapa pebisnis tersebut ada mulai dari Syaiful Anam, Hermanto Tanoko, Basrizal Koto dan H Muhammad Fitno. Dalam kisah sukses mereka, mereka sempat hidup susah. Bahkan mereka hanya berjualan makanan demi mendapatkan uang.

Namun berkat kegigihan, mereka berhasil menjadi sukses. Kesuksesan mereka bahkan membuat mereka mendapat julukan Crazy Rich karena memiliki rumah mewah beserta dengan sederet mobil mahal.

Berikut ini 4 kisah sukses Crazy Rich Indonesia yang menarik.

1. Crazy Rich Lamongan

Netizen pernah dihebohkan dengan seorang pria yang mudik ke Lamongan menggunakan lamborghini. Terlihat dalam video lamborghini mewah tersebut melewati jalan kampung dan diikuti anak-anak kecil di belakangnya.

Diketahui pria tersebut adalah Syaiful Anam yang merupakan warga desa Ngayung, Maduran, Lamongan. Syaiful Anam memang dikenal sukses di Jakarta. Ia menggeluti banyak bisnis di dunia fashion.

Namun siapa sangka, sebelum menjadi tajir seperti sekarang, Syaiful Anam sempat berjualan makanan. Dulu saat pertama kali merantau di Jakarta ia membuka warung pecel lele dan seafood di kawasan Kelapa Gading.

Langkah tersebut dilakukan oleh Syaiful Anam lantaran mengikuti jejak kedua orangtuanya. Pasalnya kedua orangtua Syaiful juga merupakan penjual pecel lele sederhana.

2. Crazy Rich Surabaya

Banyak orang tajir Surabaya yang mendapat julukan Crazy Rich Surabaya. Salah satunya adalah Hermanto Tanoko yang merupakan pendiri Sekar Group, sebuah perusahaan yang sukses mendunia.

Selain itu juga ia mendirikan Susilo Institute for Ethics, sebuah lembaga pendidikan yang menjadi bagian dari Boston University Amerika. Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Hermanto pernah hidup susah.

Saat itu ia bahkan sampai berjualan ikan untuk mendapatkan uang. Pekerjaan tersebut ditawari oleh teman mendiang Ayahnya dari Singapura. Ketika bekerja, ia melihat bentuk ikan dan udang yang rusak.

Karenanya ikan dan udang tersebut hanya berakhir menjadi limbah. Dari itulah Hermano menjadikannya peluang bisnis. Ia kemudian mengolah ikan dan udang menjadi kerupuk udang yang kini dikenal dengan merek Finna.

3. Crazy Rich Pariaman

Basrizal Koto merupakan salah satu pengusaha kenamaan asal Sumatera Barat. Pria kelahiran Pariaman tersebut memiliki banyak bisnis yang bergerak di berbagai bidang, seperti percetakan, media, peternakan, hotel, properti, bahkan pertambangan.
Kesuksesan Basrizal Koto membuat dirinya dijuluki Crazy Rich Pariaman. 

Sebelum sukses, Basrizal juga pernah hidup susah. Bahkan ia tak bisa melanjutkan pendidikannya karena terhalang biaya.

Ia berusaha untuk mendapatkan uang dengan berjualan pete dan mengantarkannya ke restoran Padang. Selain itu, ia juga pernah merantau ke Pekanbaru untuk mengubah nasibnya. Hingga akhirnya ia berhasil mencari nafkah.

Dan kini ia memiliki banyak bisnis. Menjadi sukses dan tajir tidak membuat Basrizal menjadi sombong. Justru ia selalu membantu orang lain bahkan menaikkan haji orang lain, termasuk orang yang pernah merendahkan keluarganya.

4. Crazy Rich Pondok Indah

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan H Muhammad Fitno. Ia merupakan seorang pengusaha sukses yang akrab disapa HM Fitno. Ia menggeluti bisnis di bidang properti, fashion dan kuliner.

Maka tak heran jika HM Fitno mendapat julukan sebagai Crazy Rich Pondok Indah. Dalam channel YouTube Boy William ia mengatakan bahwa dirinya menjalani bisnisnya dari 0. Sebab ia lahir bukan dari keluarga yang berada.

Setelah lulus SMA, Fitno bertekad untuk sukses dengan merantau ke Jakarta. Di Jakarta ia tinggal di kos-kosan bersama tiga temannya di ruangan kecil. Saat ngekos ia bahkan pernah berjualan bubur di pasar.

Hal tersebut dilakukan agar bisa membeli baju lebaran saat itu. Selain itu, ia pernah bekerja di perusahaan penyedia telekomunikasi terbesar di Turki yakni Turkcell. Setelah pulang ke Indonesia ia mulai mendirikan bisnis sendiri.

Related

News 6291555980869479319

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item