Pakar Epidemiologi: Covid-19 di Indonesia Ibarat Badai, Bisa Seperti India


Naviri Magazine - Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan ada dua pemodelan kasus aktif covid-19 yang dia buat untuk kasus di Indonesia.

Menurutnya, jika merujuk pada pemodelan tersebut saat ini seharusnya Indonesia berada di kisaran 80 ribu kasus per hari. Bahkan, merujuk pemodelan matriks, diperkirakan kasusnya mencapai 100 ribu per hari.

"Data sekarang berbahaya, orang jadi abai. Orang merasa baik-baik. Miss management dalam data, implikasinya sangat serius, menjadi miss interpretasi. Kemudian miss strategy, otomatis salah starteginya," ujarnya.

Dia menegaskan, jangan terbuai dengan angka okupansi Rumah Sakit yang melandai. sebab, berdasarkan riset, 80% penduduk Indonesia jika sakit akan berdiam diri di rumah. Inilah yang membuat data di lapangan, angka saat ini menunjukkan pertambahan kasus harian cenderung melandai tidak ada lonjakan.

"Ketika sudah melonjak sudah terlambat banget. Sangat bisa seperti India," tegasnya.

Menurut dia, saat ini dengan test positivity rate Indonesia di atas 10% yang artinya pandemi tidak terkendali. Jika dianalogikan, pandemi di Indonesia seperti badai yang siapa saja bisa terimbas.

"Tidak aneh, kalau orang di tes, pemudik, orang jalan di mall random dilakukan tes, itu ngga usah kaget kalau hasilnya mayoritas positif karena sudah di mana-mana," pungkasnya.

Sebelumnya dia mengatakan, angka positif Covid-19 di RI diprediksi 10 kali lipat lebih tinggi dari data harian yang dilaporkan. Covid-19 di Indonesia sudah pada level menghawatirkan. Seperti India, Corona di Indonesia memiliki banyak klaster yang tidak terdeteksi.

Terlebih di tengah masuknya sejumlah variant of concern (VOC) dan mobilitas yang tak kunjung dibatasi.

"Karena kalau tes kita ditingkatkan ratusan ribu ketemu juga nggak usah heran sebetulnya karena memang sudah ada, hanya kita karena memang minim 3 T kita ini membuat sangat berbahaya," pungkasnya.

Related

News 6371664584583520149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item