Perlu Tahu, Ini 10 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Petugas Imigrasi (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ketika hendak liburan ke suatu tempat, dan harus melalui imigrasi, biasanya akan ada 1 atau 2 petugas imigrasi yang memberikan sejumlah pertanyaan pada kita. Pertanyaan yang diajukan bisa berhubungan dengan tujuan perjalanan atau bisa juga hal lain. 

Intinya, petugas imigrasi akan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan perjalanan. Kalau salah menjawab, jangan heran jika nantinya kita tidak akan lolos imigrasi. Berikut adalah 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh petugas imigrasi.

Sudah Bekerja atau Masih Sekolah?
Salah satu pertanyaan yang wajar dan sering ditanyakan  oleh petugas imigrasi adalah, Apakah kamu sudah bekerja atau masih sekolah? Sederhana memang, tapi, pertanyaan ini bisa menjadi penentu pertanyaan berikutnya atau menjadi bahan pertimbangan apakah kamu lolos interview imigrasi atau tidak.

Lalu, apa jawaban yang sebaiknya diberikan? Jika ditanya apakah sudah bekerja atau masih sekolah, jawablah sejujur-jujurnya. Jika kalian memang sudah bekerja, jawablah sudah bekerja. Misalnya bekerja di perusahaan X. Jika masih sekolah, katakan saja kalian sekolah dimana dan kelas berapa. Bohong hanya akan membuat kalian repot sendiri.

Apakah Sudah Menikah atau Punya Anak?

Ketika kalian tiba kantor imigrasi, kalian akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan sebelum paspor dibuat. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh petugas adalah, apa kalian sudah menikah? Apakah sudah punya anak? Atau masih berstatus single? Atau status sekarang ini sudah bercerai?

Tidak perlu panik dan bingung. Katakan saja status kalian saat ini sesuai dengan yang tertara di kartu tanpa penduduk atau KTP. Apabila ternyata status yang di KTP tidak sesuai dengan yang sekarang, berikanlah alasan yang masuk akal supaya paspor kalian tetap bisa dibuat.

Punya Tabungan Sendiri?

Zaman sekarang, penting bagi setiap orang untuk punya tabungan sendiri. Jika tidak, maka kalian harus segera membuatnya. Lain cerita jika kalian masih kecil, wajar jika tabungan masih digabung dengan orang tua. Membahas soal tabungan, oleh pihak imigrasi, kalian juga akan ditanyakan apakah kalian punya tabungan atau tidak.

Mudah jika kalian masih anak kecil, kalian tinggal menjawab bahwa tabungan masih digabung dengan orang tua. Jika kalian sudah dewasa, maka sudah seharusnya kalian mempunyai tabungan sendiri. 

Oleh pihak imigrasi, kalian hanya akan ditanya punya tabungan atau tidak, tapi jika ingin membuat visa, oleh pihak kedutaan, kalian akan ditanyakan berapa banyak tabungan kalian di bank.

Pernah Liburan Sebelumnya?

Pernah berlibur sebelumnya menjadi pertanyaan yang akan dilontarkan oleh petugas imigrasi pada setiap orang yang hendak mengurus paspor. Jika mereka sudah pernah atau yang sering bepergian, pastinya proses pengurusan paspor tidak akan seribet dengan orang yang belum pernah bepergian sama sekali.

Dan lagi-lagi, lebih baik kalian katakan saja yang sejujurnya perihal pengalaman kalian. Bila belum pernah bepergian, bilang saja belum. Bila sudah pernah, katakan saja sudah pernah. Jika kalian berbohong dengan mengatakan sudah pernah bepergian, dan petugas menanyakan liburan kemana dan apa yang kalian lakukan, lalu kalian tidak tahu harus menjawab apa, bisa repot.

Bagaimana Kondisi Kalian?

Kesehatan adalah hal penting. Tidak ada manusia yang ingin sakit. Bagi petugas imigrasi, kesehatan juga menjadi hal penting yang pasti akan ditanyakan pada mereka yang hendak mengurus paspor. Karena itu, pastikan kalian mengurus paspor ketika kesehatan sedang bagus.

Ada kemungkinan jika kalian mengurus paspor di saat kondisi sedang sakit, maka petugas imigrasi akan memiliki 2 pilihan yaitu, pertama, kalian akan diminta datang kembali ketika kondisi sudah lebih baik, atau kedua, kalian akan tetap diperbolehkan mengurus paspor. 

Tidak hanya itu, mungkin saja petugas imigrasi akan menanyakan riwayat kesehatan dan apakah kalian punya penyakit khusus.

Baca lanjutannya: Perlu Tahu, Ini 10 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Petugas Imigrasi (Bagian 2)

Related

Indonesia 5339918162548647062

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item