Pengamat: Duet Puan-Anies di Pilpres 2024 Itu Memang Ngeri-ngeri Sedap


Naviri Magazine - Wacana duet Puan Maharani-Anies Baswedan sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024 mencuat ke permukaan.

Yang lebih mengejutkan adalah, wacana duet Puan-Anies ini malah dilontarkan politisi senior PDIP Effendi Simbolon.

Duet Puan-Anies itu dinilai cukup menarik sekaligus menantang. Terlebih, keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga bisa saling melengkapi. Demikian disampaikan pengamat politik Nyarwi Ahmad dalam keterangannya.

Untuk Puan Maharani, memiliki kelebihan basis dukungan kuat dari PDIP. Ia juga merupakan putri mahkota yang sekaligus Ketua DPP partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Namun, Puan memiliki basis dukungan elektoral yang masih rendah sebagai kandidat calon presiden,” kata Nyarwi.

Kebalikannya, Anies tak memiliki basis dukungan partai politik. Akan tetapi, Anies memiliki tingkat dukungan elektoral yang cukup tinggi di kalangan pemilih.

“Sumber daya yang dimiliki oleh Puan, sangat memungkinkan pasangan ini melenggang dengan lancar dalam bursa Pilpres 2024 mendatang,” paparnya.

Terkait sampai sejauh mana duet Puan-Anies sebagai capres-cawapres 2024 ditentukan dua hal. Pertama, arus dinamika internal yang terjadi di dalam PDIP.

“Di sini pertanyaannya, sejauh mana Anies bisa diterima sebagai sosok yang mendampingi Puan dan dipercaya bisa menaikkan elektabilitas Puan dalam pertarungan pilpres mendatang,” kata Nyarwi.

Menurut dia, hal ini tidak mudah karena basis elektoral Anies dan Puan cenderung berada dalam kolam yang berbeda.

“Belum tentu bisa cocok atau kompatibel satu sama lain,” tegas Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) ini.

Kedua, adalah sejauh mana Anies tertarik untuk berpasangan atau dipasangkan dengan Puan dan dijadikan sebagai cawapres.

“Mengingat potensi elektabilitas Anies sebagai capres cukup tinggi, tampaknya peluang ini cukup kecil,” kata dia.

“Belum lagi, ada sejumlah partai-partai papan menengah yang juga kemungkinan tertarik untuk menjagokan Anies pada Pilpres 2024 mendatang,” tandasnya.

Related

News 3517100966533154087

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item