Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi, Ini Saran Dokter


Naviri Magazine - Setelah lebih dari setahun, sekolah tatap muka ditetapkan akan dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Sekolah tatap muka akan dimulai pada Juli 2021.

Ada yang harus diperhatikan ketika sekolah tatap muka dimulai di tengah pandemi yang masih berlangsung. Perhatikan keamanan dan keselamatan anak-anak agar tidak tertular Covid-19.

Dokter Spesialis Anak dari BIC Clinic Bunda Pacific Place, dr. Andreas, M.Ked(Ped), S.pA membagikan beberapa saran agar anak tetap aman dari Covid-19 selama sekolah tatap muka. Berikut ulasannya:

1. Jaga Jarak

Ingatkan anak untuk tetap menjaga jarak dengan teman-temannya selama di kelas. Jarak yang aman untuk mencegah penularan Covid-19 adalah 1,5 meter.

2. Pakai Masker dan Ganti 4 Jam

Selalu memakai masker di dalam kelas saat sistem belajar mengajar dilaksanakan. Jangan lepaskan masker saat mengobrol dengan teman dekat sekalipun. Kemudian gantilah masker setiap empat jam sekali.

3. Cuci Tangan

"Rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau akan memegang organ tubuh seperti wajah, mata, bibir, dan hidung," kata dr. Andreas.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Jangan lupa saat anak di rumah, berikan makanan yang bergizi dengan nutrisi seimbang.

"Dengan komposisi karbohidrat 5o persen, lemak 15 persen, protein 15 persen, serta serat yang cukup untuk kebutuhan setiap anak," lanjutnya.

5. Konsumsi Vitamin

Selain itu, penting untuk mengonsumsi vitamin yang tidak didapatkan dari makanan, seperti Vitamin D.

6. Lakukan Aktivitas Fisik

Jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup agar tubuh tetap sehat.

"Untuk menjaga imunitasnya lakukan aktivitas yang cukup seperti berolahraga minimal 30-60 menit, kemudian istirahat yang cukup ketika di rumah," tutur dr. Andreas.

7. Tidak Nongkrong Sepulang Sekolah

Hal penting lainnya adalah langsung pulang ke rumah setelah aktivitas sekolah selesai dan tidak nongkrong dengan teman-teman.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah tidak berkerumun ke tempat tongkrongan ketika sekolah sudah selesai. Jadi diharapkan untuk segera langsung pulang ke rumah, dan setelah sampai di rumah segera mengganti baju dan mandi," tandas dr. Andreas.

Related

Tips 7846291755066053586

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item