Bagaimana Definisi Gunung? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Gunung adalah permukaan tanah yang menonjol, hingga lebih tinggi dibanding tanah atau wilayah sekitarnya. Umumnya, gunung juga lebih besar dibandingkan bukit, dan memiliki lereng yang lebih curam atau tajam. 

Encyclop√¶dia Britannica menyebut bahwa suatu tempat disebut gunung, jika memiliki ketinggian 2.000 kaki (610 meter). Sementara KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan gunung sebagai “bukit yang sangat besar dan tinggi, biasanya lebih tinggi dari 600 meter.”

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan lempeng tektonik, gerakan orogenik, atau gerakan epeirogenik. Sementara pegunungan adalah kumpulan atau barisan gunung. Pada beberapa ketinggian gunung biasanya terdapat dua atau lebih iklim, jenis tumbuh-tumbuhan, dan kehidupan yang berbeda. 

Karena wujudnya yang berbeda dengan kebanyakan tempat lain yang biasa ditinggali manusia, gunung pun menjadi salah satu tempat yang dianggap indah, alami, atau menarik. Kenyataannya memang banyak gunung yang sangat indah, hingga menarik banyak orang untuk mengunjungi.

Related

Science 8061004803280463825

Recent

item