Begini Cara Mudah Mengetahui Seseorang Berbohong atau Tidak, Menurut Ahli


Naviri Magazine - Mungkin sulit mengetahui jika seseorang sedang berbohong atau tidak. Namun sebenarnya ada beberapa pertanda yang bisa kamu perhatikan ketika seseorang sedang berbicara.

Perhatikan gerak-gerik atau mimik wajah yang mereka buat selama sedang berbicara denganmu. Cara itu bisa membantu untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak.

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak:
 
1. Ekspresi mikro mereka terlihat berbohong

Ekspresi mikro adalah ekspresi wajah yang singkat dan tidak disengaja yang secara alami terjadi bersamaan dengan emosi yang dialami.

Susan Winter, dating and relationship expert di New York mengatakan bahwa, seseorang tidak dapat memalsukan mikro ekspresi mereka dan itu merupakan petunjuk utama apakah yang dikatakan seseorang benar atau salah.

"Gerakan mikro adalah miniatur 'perkataan' mereka yang mungkin menunjukkan kebalikan dari yang mereka katakan," kata Winter.

"Meskipun tidak mudah, namun jika kita memperhatikan lebih dalam dan merasa intuisi mengatakan mereka berbohong mungkin itu adalah kebenarannya," sambungnya.
 
2. Mengetahui sesuatu dengan sangat detail

Pembohong biasanya mengetahui apapun secara detail sebagai konsekuensi kebohongannya agar tidak terlihat. Winter memberi tahu bahwa pembohong pemula biasanya akan sangat detail ketika menceritakan sebuah cerita. Terlalu banyak detail yang mereka ceritakan kepadamu tersebut menunjukkan bahwa mereka berbohong.
 
3. Mata mereka akan bergerak ke kiri sebelum berbohong

Menurut Winter, salah satu hal yang bisa kamu perhatikan adalah mata mereka biasanya akan bergerak ke kiri setiap kali mereka berbohong. Ketika mencoba mengingat suatu peristiwa, kita biasanya akan mengalihkan pandangan ke atas dan ke kanan, tetapi ketika seseorang berbohong, mata mereka secara naluriah akan bergerak ke kiri.
 
4. Mereka terlihat gugup

Seseorang yang sedang berbohong mungkin akan berusaha untuk tidak terlihat ragu-ragu untuk meyakinkan orang lain, tetapi tubuh mereka tidak bisa berbohong. Menurut Robert Glatter, MD, asisten profesor pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital, ketika seseorang berbohong maka saraf simpatik akan diaktifkan.

"Ketika sistem saraf simpatik diaktifkan, ini dapat menyebabkan tanda-tanda fisik yang terlihat seperti berkeringat, kedutan otot, suara yang tertekan, dan peningkatan ketegangan otot," kata Glatter.
 
5. Mereka tidak membicarakan sesuatu secara utuh

Salah satu ciri yang bisa terlihat adalah mereka tidak mau membicarakan sesuatu secara jelas dan utuh. Menghindari topik percakapan tertentu, menjadi defensif, atau menghindari kontak mata, adalah semua indikator bahwa orang yang kamu ajak bicara tidak sepenuhnya benar.

Related

Tips 5495327439328557530

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item