Bukan Hanya Kepribadian, Orang Introvert dan Ekstrovert Ternyata Punya Mimpi yang Berbeda Saat Tidur


Naviri Magazine - Kepribadian seseorang ternyata dapat mempengaruhi kebiasaan tidurnya, termasuk mimpi. Menurut pakar, introvert dan ekstrovert bahkan bisa punya tipe mimpi yang berbeda. Dikatakan jika mereka yang cenderung introvert lebih sering memimpikan hal-hal lebih jelas dengan penuh gambaran dan jalan cerita yang kompleks. Sedangkan ekstrovert lebih jarang.

Banyak penelitian mengungkap soal perbedaan antara introvert dan ekstrovert. Studi yang dipimpin oleh D. Barrett & P. McNamara pun mengungkap bahwa kepribadian itu bisa berpengaruh pada apa yang dimimpikan. 

Berdasarkan poling dan analisa, introvert yang lebih tenang dalam keseharian justru lebih aktif saat terlelap. Dikatakan, mereka bermimpi lebih 'aneh' dan nyata dibandingkan ekstrovert yang sayangnya bisa jadi sebuah kekurangan.

Mimpi memang tak selalu punya banyak arti. Tak jarang hal tersebut hanya bunga tidur yang dipengaruhi beban pikiran atau kejadian di keseharian atau bisa jadi makanan. Tapi dibanding ekstrovert yang lebih jarang mimpi aneh, introvert lebih sering mengalami 'mimpi kecemasan'. Mimpi tersebut dikatakan mirip seperti mimpi buruk yang mencampurkan kejadian tidak menyenangkan dari masa lalu dengan hal-hal yang tidak masuk akal.

Survei dari Silentnight pun membuktikan bahwa introvert sedikit lebih sering mengalami mimpi buruk, dan itu mempengaruhi kualitas tidur. Dikatakan jika mereka banyak mendapati mimpi tidak jelas yang membuat terbangun di tengah malam. Sementara ekstrovert lebih mudah istirahat dengan lelap, karena mereka mengeluarkan banyak energi saat siang.

Studi sains yang dilakukan oleh Best Mattress Brand kepada 1.000 orang juga mengungkap hal serupa. Ketika mencocokkan antara IMBT partisipan dengan kebiasaan tidur atau mimpi, ditemukan jika introvert dan ekstrovert memang punya jenis bunga tidur yang berbeda. Berikut beberapa di antaranya:

- Introvert lebih sering bermimpi tentang mereka sulit mempengaruhi orang lain.
- Ekstrovert lebih sering bermimpi tentang mengejar tujuannya, seperti liburan lebih sering.
- Introvert lebih sering bermimpi mengenai gigi copot.
- Ekstrovert lebih banyak mengingat mimpi mereka.
- Introvert dengan MBTI seperti INFJ, INFP, ISFJ, and ISFP lebih sering bermimpi pasangan selingkuh. Mereka juga cenderung lebih banyak mengigau atau mimpi buruk.

Related

Psychology 3257378983829249623

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item