Fakta-fakta Penting dan Bersejarah Terkait Teks Proklamasi Indonesia


Naviri Magazine - Teks proklamasi adalah teks yang dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945, dan ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, yang waktu itu kemudian menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Pembacaan teks proklamasi itu menjadi awal sejarah kemerdekaan negeri ini, setelah lepas dari penjajahan demi penjajahan.

Teks yang dibacakan oleh Soekarno adalah teks akhir, dalam arti teks yang telah dianggap sempurna dan diketik menggunakan mesin tik. Sebelumnya, teks proklamasi ditulis menggunakan tulisan tangan, khususnya ketika dalam rancangan awal. 

Yang mencengangkan, naskah asli teks proklamasi itu sempat dibuang ke tempat sampah, dan mungkin akan hilang selamanya kalau saja seseorang tidak terpikir untuk mengambilnya!

Dalam buku BM Diah Wartawan Serba Bisa, Toeti Kakiailatu menyebut bahwa BM Diah memungut kertas hasil coret-coretan rancangan naskah proklamasi tersebut dari tong sampah, tak lama setelah naskah proklamasi selesai dirumuskan. Tak ada ada yang sadar akan pentingnya kertas itu. 

Naskah itu baru kembali ke tangan pemerintah atas inisiatif BM Diah sendiri, yang mengembalikannya pada 1992. Artinya, butuh 47 tahun bagi negara ini untuk dapat memiliki dokumen luar biasa penting bernama proklamasi. Bahkan dokumen sepenting itu pun nyaris setengah abad lamanya disimpan oleh perorangan, bukan oleh negara.

Karena serangan Belanda, naskah proklamasi versi ketikan pun pun sempat menghilang dari tangan negara. Atas usaha Adam Malik, naskah proklamasi versi ketikan diserahkan kepada Yuliarso Surowidjojo untuk diamankan, dan selanjutnya disimpan oleh sang istri, Soejati. Barulah pada awal 1960-an naskah itu diserahkan kepada pemerintah RI. 

Mengherankan dokumen-dokumen sepenting itu tersimpan sedemikian lama di tangan perseorangan, betapa pun barangkali maksud sang penyimpan awalnya baik. Betapa memalukannya jika naskah proklamasi itu sampai jatuh ke tangan Belanda. 

Related

Indonesia 5608460617848399545

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item