Film-film Terbaik yang Berkisah tentang Time-Travel atau Perjalanan Waktu (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Film-film Terbaik yang Berkisah tentang Time-Travel atau Perjalanan Waktu - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Project Almanac (2015)

Sekelompok remaja menemukan sebuah rancangan atau panduan untuk membangun mesin waktu. Mereka mulai mencoba membangun mesin waktu tersebut dari berbagai benda yang tak terduga, dan akhirnya berhasil. Sejak saat itu, David dan teman-temannya bertekad untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. 

Mereka pun mulai bersenang-senang dengan melakukan berbagai macam hal menyenangkan, yang menjadi mimpi para remaja pada umumnya. Namun, saat salah satu dari mereka melanggar sebuah aturan, semuanya jadi berantakan.

Twelve Monkeys (1995)

Di masa depan, umat manusia hampir punah karena suatu virus yang telah membasmi sebagian besar manusia. Seorang agen bernama James Cole dikirim ke masa lalu, untuk mencari tahu solusi dan cara mencegah semua ini. 

Namun, saat James kembali ke masa lalu dan memberitahu semua orang tentang bencana yang akan datang, ia dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. James mulai bertanya kepada dirinya sendiri, apakah ia memang dikirim ke masa lalu, atau hanya berhalusinasi?

Groundhog Day (1993)

Phill Connors adalah reporter pembawa acara cuaca. Ia orang yang sangat menyebalkan karena sombong, cuek, dan selalu menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika, Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal, Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap acara ini tidak penting dan aneh. 

Benar saja, saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung mengejek dan ingin pulang. Namun, saat terdapat badai salju, Phill jadi tak bisa pulang dan harus menginap disana. Sejak saat itu, terjadi berbagai kejadian aneh yang dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya. Awalnya, Phill merasa kesal dan bosan, namun akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan waktu yang ada dari setiap peristiwa yang terjadi berulang-ulang.

Back to the Future (1985)

Marty McFly adalah anak muda biasa yang berteman dengan seorang ilmuwan gila bernama Dr. Emmett Brown. Suatu hari, Dr. Brown berhasil menciptakan mesin waktu yang berbentuk seperti mobil. Karena sebuah kecelakaan, Marty secara tak sengaja terkirim ke masa lalu, ke 13 tahun yang lalu. Di sana ia kebingungan dan harus mencari cara untuk pulang kembali.

Marty bertemu dengan kakek dan neneknya, dan Marty bisa melihat ayahnya yang masih muda. Ternyata dulu ayah Marty selalu di-bully, dan jadi anak yang culun. Marty pun berniat membantu ayahnya, supaya ayah Marty dapat memiliki masa depan yang lebih baik. Marty segera menyadari bahwa kejadian ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperbaiki hidup ayahnya dan hidupnya sendiri.

The Jacket (2005)

Jack Starks adalah veteran perang yang mengalami kecelakaan parah. Ia mendapat luka parah di kepalanya yang bisa menyebabkan orang mati seketika, namun secara ajaib Jack selamat. Akan tetapi, luka yang parah itu menyebabkan Jack menderita amnesia.

Suatu ketika, Jack dikirim ke rumah sakit jiwa dan dijadikan tikus percobaan oleh dokter di rumah sakit tersebut. Jack diberi jacket khusus orang gila, dan dimasukkan ke dalam sebuah laci sempit mirip seperti tempat pembakaran mayat. Ia diberi suntikan dan obat-obatan aneh, yang tak diketahui apa fungsinya. 

Dari situ, serangkaian kejadian aneh mulai terjadi. Saat sedang berada di dalam laci tersebut, Jack bisa melihat masa depan yang akan terjadi pada dirinya dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Jack mulai memanfaatkan kejadian itu untuk memperbaiki masa depan orang lain. Lalu bagaimana dengan nasib Jack sendiri?

Timecop (1994)

Di masa depan, mesin waktu dan perjalanan menjelajahi waktu menjadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru, dibentuk untuk menghadapi dunia yang berubah. Di tengah kondisi dunia yang seperti itu, hiduplah seorang polisi bernama Max Walker. Istri Max dibunuh secara sadis oleh beberapa orang tak dikenal. 

Max berusaha keras untuk jadi polisi yang andal, dan berniat menangkap pembunuh istrinya. Max harus berhadapan seorang politisi kaya yang berniat untuk mengubah masa lalu, supaya bisa mengendalikan masa depan. 

Midnight in Paris (2011)

Gil adalah penulis yang sedang berlibur bersama keluarga tunangannya, yang bernama Inez. Tak sengaja, Gil dan Inez bertemu dengan teman lama Inez, dan jalan-jalan bersama mereka. Sementara Inez sibuk dengan teman lamanya, Gil lebih memilih menikmati kota Paris. Gil paling suka berjalan-jalan di Paris saat hujan.

Suatu malam, saat Gil sedang berjalan di Paris, ia tersesat. Ia menemui sebuah mobil dan diajak masuk ke dalam. Tak disangka, Gil malah menuju ke tahun 1920, seperti kembali ke masa lalu. 

Di sana Gil bertemu dengan berbagai penulis legendaris yang ia idolakan. Seiring berjalannya waktu, Gil semakin masuk ke dalam keindahan kota Paris, dan bertemu dua wanita cantik. Tapi itu akan semakin menjauhkan dirinya dari tunangannya.

Baca lanjutannya: Film-film Terbaik yang Berkisah tentang Time-Travel atau Perjalanan Waktu (Bagian 3)

Related

Film 7869682138764153222

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item