Ini 3 Hal yang Menyebabkan Kulkas Berbunyi, dan Cara Mengatasinya


Naviri Magazine - Ketika perlengkapan elektronik di rumah bermasalah, biasanya akan memberikan tanda-tanda. Mulai dari fungsinya berkurang, hingga benar-benar tidak bisa berfungsi sama sekali. Salah satunya, ketika terdengar suara berisik di dalam kulkas yang seperti derit atau derik. 

Penyebab kulkas berisik adalah suara kipas sirkulasi, yang mendorong udara melalui bagian freezer. Kipas sirkulasi terletak tepat di belakang panel akses di bagian belakang kulkas. Anda bisa memastikan ini dengan menekan tombol lampu di freezer. 

Motor kipas di kulkas bisa rusak karena beberapa hal, salah satu yang paling umum adalah hewan masuk ke dalam kipas dan mati. Sehingga, hewan tersebut menghalangi kipas lemari es untuk bekerja. 

Namun, jika suara tersebut tidak berhenti, kemungkinan ada bagian yang rusak. Dilansir dari Mrappliance, ada beberapa faktor yang membuat kulkas berbunyi sebagai berikut: 

Kipas kondensor 

Jika masalahnya ada di kipas kondesor, Anda harus membersihkan kotoran yang dapat menghalangi kipas motor kondensor. Kipas kondensor terletak di bagian bawah kulkas. Coba bersihkan debu dan kotoran yang mungkin menumpuk di antara kipas, menggunakan sikat lembut. Pastikan untuk mencabut aliran listrik sebelum dibersihkan. 

Kipas evaporator 

Kipas evaporator terletak di bagian belakang freezer kulkas, kipas ini dapat diakses dengan melepas isi freezer. Anda membutuhkan obeng untuk membukanya. Lihat apakah mata pisau bekerja dengan lancar dengan memutarnya.   

Kompresor 

Kebisingan kompresor lemari es adalah keluhan yang umum, cobalah untuk mencabut kabel kulkasnya, kemudian hidupkan kembali. Jika masih berbunyi, berarti kompresor permasalahan utamanya. Cara satu-satunya untuk menghentikan kerusakan ini, Anda harus memanggil ahlinya.

Related

Tips 7398398381746070557

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item