Ini 7 Istilah Bahasa Inggris yang Sering Bikin Warganet Bingung, Serta Penjelasannya


Naviri Magazine - Bahasa Inggris hingga saat ini menjadi salah satu bahasa universal yang paling banyak digunakan. Tercatat ada sekitar 1,35 miliar orang di dunia bisa berbicara bahasa Inggris, diikuti bahasa Mandarin yang dominan di Tiongkok.

Di Indonesia, sering ditemui istilah-istilah bahasa Inggris yang penggunaannya salah (salah konteks, salah pelafalan, atau salah secara aturan tata bahasa). Bahkan kata atau bahasa Inggris itu kerap muncul di media sosial.

Agar tidak salah mengerti, simak 7 istilah bahasa Inggris yang sering bikin warganet bingung dan bagaimana penggunaannya yang benar, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

1. Worth it atau Worthed?

Kata ini sering disebutkan para kreator konten ketika sedang mengulas suatu produk atau pengalaman, namun banyak orang keliru ketika menuliskannya.

Secara aturan tata bahasa, istilah yang benar adalah 'worth it', yang artinya adalah sepadan dengan nilai/usaha/uang yang dikeluarkan.

Misalnya, ketika sedang mencoba produk perawatan kulit tertentu, lalu mereka menyebutkan, "It’s worth it", artinya produk tersebut punya manfaat atau kegunaan yang sepadan dengan nilai uang yang dikeluarkan untuk membelinya.

2. 'WiFi' dibaca Wayfay atau Wayfi?

Sepertinya kebanyakan orang sudah sangat familiar atau bahkan menggunakan fasilitas WiFi sehari-hari.

WiFi menyediakan akses internet tanpa kabel dan menjadi elemen yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini.

Tapi, tahukah kamu bahwa cara penyebutan WiFi yang benar bukan 'wayfi atau wifi', melainkan 'wayfay'. Jadi, jangan salah ucap lagi ya.

3. CMIIW

Meski sering muncul di percakapan, terutama di media sosial, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui kepanjangan dari CMIIW.

CMIIW merupakan singkatan dari frasa bahasa Inggris: Correct Me If I’m Wrong (CMIIW), atau yang diartikan 'mohon koreksi jika saya keliru'.

Biasanya, istilah ini dipakai ketika warganet berupaya untuk mengeluarkan pendapat atau fakta, namun belum 100 persen yakin terhadap opini atau fakta yang diungkapkan. Maka dari itu, mereka mempersilakan orang lain untuk mengoreksi jika ada kesalahan.

4. Thanks God atau Thank God?

Istilah bahasa Inggris ini cukup mengecoh karena keduanya sangat mirip. Namun, secara tata bahasa, istilah yang benar adalah 'Thank God', yang merupakan versi singkat dari 'I thank God' (saya berterima kasih pada Tuhan).

Istilah 'Thanks' merupakan kependekan dari 'thank you', sehingga tidak perlu diikuti dengan kata benda lagi.

5. I Understand atau I’m Understand?

Perbedaan antara kata kerja dengan kata sifat memang menjadi 'jebakan' tersendiri dalam bahasa Inggris.

Dalam hal ini, istilah yang benar adalah 'I understand' (saya mengerti), karena kata 'understand' merupakan kata kerja, bukan kata sifat.

6. Boring atau Bored?

Boring artinya membosankan, sementara bored artinya adalah bosan (merasa bosan). Jadi, jangan sampai bilang "Aku boring, nih!" karena itu artinya kamu menyebut diri sebagai orang yang membosankan. Sebaliknya, gunakan kata 'I’m bored' ketika sedang merasa bosan.

7. Salty, Apa Artinya?

Di kolom komentar media sosial, tak jarang ada warganet yang berkomentar "Salty banget nih". Lalu, apa artinya dalam konteks tersebut?

'Salty' tidak cuma berhubungan dengan cita rasa makanan asin, karena dalam bahasa gaul juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang marah, frustasi, atau menyebalkan.

Agar tidak salah menafsirkan lagi, kuncinya adalah selalu memahami terlebih dahulu konteks yang ada, karena tidak semua kata bahasa Inggris memiliki arti tunggal.

Ada banyak sekali kata, seperti 'salty', yang memiliki arti berbeda ketika digunakan dalam kalimat berbeda pula. Setelah kamu mengetahui cara pengejaan, pelafalan, dan tata bahasa yang benar, jangan sampai salah tulis atau salah sebut lagi, ya!

Related

Science 3242348717857430012

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item