Ini 8 Makanan yang Menunjang Kesehatan dan Keindahan Rambut


Naviri Magazine - Berbagai sarana perawatan rambut, semisal shampo dan kondisioner, banyak yang menawarkan kemampuan memperindah atau mempercantik rambut. Kenyataannya, banyak orang—khususnya wanita—yang menginginkan punya rambut indah, sehat, dan cantik. 

Untuk tujuan itu, mereka pun tidak hanya menggunakan shampo dan kondisioner, namun juga pergi ke salon untuk melakukan perawatan khusus.

Yang mungkin jarang kita pikirkan, perawatan rambut tidak hanya cukup dengan memperhatikan bagian rambut semata-mata, namun juga tempat tumbuhnya. Dengan kata lain, merawat rambut hanya dari luar melalui shampo dan berbagai sarana perawatan lain tidak cukup, jika tubuh—khususnya kepala kita—yang merupakan tempat tumbuhnya rambut tidak sehat.

Untuk menunjang perawatan luar yang Anda lakukan dalam upaya mempercantik dan memperindah rambut, berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menunjang tujuan tersebut.

Gandum

Gandum dapat menyuburkan dan melebatkan rambut, karena mengandung vitamin B dan zat besi, serta nutrisi penting lainnya. Anda bisa mengonsumsi produk gandum dalam sereal atau roti saat sarapan.

Wortel

Tidak hanya baik dalam menunjang kesehatan mata, vitamin A dalam wortel juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Rutin mengonsumsi jus wortel saat sarapan bisa menjadikan rambut Anda lebih kuat dan lebih padat (tidak jarang).

Produk susu

Aneka produk susu, semisal yoghurt, susu krim rendah lemak, atau produk susu olahan, adalah sumber mineral yang baik untuk rambut. Produk-produk itu mengandung kalsium dan protein susu, seperti kasein, yang dapat menjaga kesehatan dan ketebalan rambut.

Ayam dan kalkun

Daging unggas ayam dan kalkun dapat memberikan protein berkualitas tinggi dan zat besi yang membantu menyuburkan rambut secara lebih cepat. Sangat cocok jika Anda mendambakan rambut panjang.

Buah-buahan kering

Aneka buah kering bisa dikonsumsi untuk menyehatkan dan mempercantik rambut. Kenari, misalnya, merupakan sumber omega-3 yang mengandung asam lemak dan asam alfa linoleat yang dapat melembutkan rambut. Kacang Brazil adalah sumber selenium yang baik untuk kulit kepala. Semenara buah kering lain seperti almond, kemiri, dan kacang mete, juga merupakan sumber zat besi yang dapat menguatkan rambut Anda.

Kacang-kacangan

Selain buah-buahan kering, kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang sama. Kacang lentil, kacang merah, dan kacang polong, mengandung biotin, zat besi, dan protein, yang dapat membuat rambut kuat dan sehat. Baltner of American Dietetic Association menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan minimal tiga cangkir dalam seminggu, untuk mendapatkan kesehatan rambut yang optimal.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran sangat dibutuhkan tubuh dalam hal menjaga kesehatan, dan dapat membantu mempercantik rambut Anda. Lobak, brokoli, dan sayuran hijau, merupakan sumber yang banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin itu dapat meningkatkan kelembapan alami rambut Anda.

Ikan

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang berkualitas, karena mengandung protein berkualitas tinggi seperti omega-3 dan zat besi, serta vitamin B-12. Zat-zat tersebut sangat penting untuk kesehatan kulit kepala Anda.

Related

Health 7003908147771773750

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item