Ini Beda Varian Covid-19 Delta, Delta Plus, Kappa, dan Lambda, Serta Perbedaan Gejala yang Ditimbulkan


Naviri Magazine - Studi terbaru mencoba menjabarkan perbedaan dari beberapa varian virus corona yang penyebarannya semakin masif akhir-akhir ini.

Virus bermutasi sepanjang waktu, menghasilkan versi atau varian berbeda. Sebagian besar mutasi ini tidak signifikan dan beberapa mungkin membuat virus kurang berbahaya.

Namun, yang lain dapat membuatnya lebih menular dan lebih sulit untuk divaksinasi. Dilansir laman DNAIndia, berikut perbedaan varian delta, delta plus, kappa, dan lambda.

Varian Delta Plus

Varian Delta plus baru telah terbentuk karena mutasi pada varian Delta atau B.1.617.2, pertama kali diidentifikasi di India. Beberapa kasus varian 'Delta plus' dari Covid-19, yang dianggap sangat menular, telah dilaporkan di Maharashtra.

Para ahli memperingatkan bahwa hal itu dapat memicu gelombang ketiga di negara bagian tersebut. Varian ini telah terdeteksi di sembilan negara, termasuk Inggris, Portugal, Swiss, Polandia, Jepang, Nepal, China, dan Rusia, selain India.

Selain gejala biasa, pasien Delta plus juga menunjukkan sakit perut, mual, kehilangan nafsu makan, muntah, nyeri sendi, gangguan pendengaran, dan lain-lain.

Varian delta

Varian Delta, yang secara resmi dikenal sebagai B.1.617 pertama kali terdeteksi di India pada Oktober 2020. Varian Delta diyakini sebagian besar bertanggung jawab atas gelombang kedua pandemi di India, yang melihat kasus dan kematian meningkat.

Menurut sebuah penelitian, vaksin juga delapan kali kurang efektif terhadap varian tersebut, dibandingkan dengan jenis asli yang ditemukan di Wuhan, China. Varian ini diketahui memiliki transmisibilitas ekstra, serta menyebabkan gejala yang lebih parah pada pasien.

Negara-negara lain sekarang juga melaporkan peningkatan kasus varian, termasuk Inggris dan Israel. Varian Delta dilaporkan bertanggung jawab atas lebih dari 90 persen kasus baru-baru ini di Israel, meskipun sekitar 57 persen populasi divaksinasi.

Varian lambda

Kementerian Kesehatan India mengatakan ,varian Lambda Covid-19 masih dalam penjajakan dan belum masuk ke India. Pada 14 Juni lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Lambda sebagai 'varian minat' ketujuh dan terbaru, yang berarti harus diwaspadai.

Varian Lambda ditemukan di Peru pada Agustus 2020 dan sejak itu menyebar ke 29 negara, terutama di Amerika Latin. Varian Lambda juga telah sampai ke Inggris, di mana ia telah ditambahkan ke daftar varian yang sedang diteliti oleh Public Health England.

Varian Lambda dikhawatirkan lebih mudah menular dari virus aslinya, meski belum bisa dipastikan. Sesuai WHO, varian Lambda memiliki setidaknya tujuh mutasi signifikan pada protein lonjakan (varian Delta memiliki tiga).

Varian Lambda biasanya dikaitkan dengan transmisibilitas dan resistensi yang lebih tinggi terhadap antibodi.

Varian kappa

Pertama kali terdeteksi pada Oktober 2020 oleh India, varian Kappa ditetapkan sebagai varian yang cepat beredar dan diidentifikasi sebagai B.1.167.1 oleh WHO.

Menurut para ahli, varian Kappa adalah strain virus mutan ganda. Mutasi ganda adalah garis keturunan yang jauh karena terdiri dari dua jenis virus. 

Mutasi E484Q, yang identik dengan mutasi E484K yang diidentifikasi dalam varian kekhawatiran Brasil dan Afrika Selatan yang menyebar cepat, adalah salah satunya. Ini juga mengandung mutasi L452R, yang memungkinkan virus menghindari pertahanan alami sistem kekebalan tubuh kita.

Kemampuan menetralkan antibodi varian Kappa mungkin sedikit mengurangi efektivitas vaksin dan kekebalan yang dihasilkan dari infeksi alami. Beberapa gejala awal varian ini antara lain ruam di sekujur tubuh, demam tinggi, batuk, pilek, serta mata merah dan berair. 

Related

Science 3949159376263488072

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item