Jika Dikonsumsi dalam Batas Wajar, Daging Merah Punya Manfaat Kesehatan


Naviri Magazine - Daging merah disebut-sebut sebagai penyebab tingginya tingkat kolesterol, hingga banyak orang yang sengaja menjauh dan tidak mau mengonsumsi daging merah karena khawatir terkena dampak buruknya. Kenyataannya, daging merah memang dapat menimbulkan efek negatif, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, bagaimana pun, daging merah mampu menyuplai kebutuhan nutrisi bagi tubuh, jika dimasak dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah tepat atau wajar dan tidak berlebihan. Karenanya, dalam hal daging merah, kita tidak perlu sampai anti dan tidak mau mengonsumsinya sama sekali, namun batasi saja konsumsinya agar tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa kandungan penting dalam daging merah, sehingga kita perlu mengonsumsinya.

Protein

Daging memiliki kandungan protein, sehingga manfaat mengonsumsi daging adalah mendapat asupan protein. Dalam mengonsumsi daging merah atau pun daging putih, yang perlu diingat adalah memilih yang tanpa lemak. Jika tidak, kadar kolesterol darah kita pun meningkat karena konsumsi lemak tersebut.

Energi

Kalau kita sudah terbiasa makan daging dalam diet harian, kita tidak harus meninggalkan konsumsi daging. Kalau mencoba meninggalkannya, bisa jadi diet harian kita akan kurang seimbang. Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Jika ditinggalkan, kita akan memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Vitamin B12

Vitamin B12 sebagian besar berasal dari hewan, salah satunya daging merah. Bagi wanita hamil, vitamin B sangat penting. Kekurangan vitamin B bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

Asam linoleat

Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa antikarsinogen atau pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mampu membantu mengobati kanker payudara. 

Sistem imun

Mengonsumsi daging merah membantu sistem imun atau kekebalan tubuh, karena daging merah mengandung mineral seng, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain membantu sistem imun, manfaat lain seng adalah memperlambat penuaan.

Kecerdasan

Daging merah mengandung lemak baik dan nutrisi yang membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita.

Asam lemak omega-3

Tidak hanya ikan salmon atau ikan berminyak sejenisnya yang mengandung asam lemak omega-3. Daging merah juga memiliki kandungan manfaat tersebut.

Related

Health 7913420305738949615

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item