Kisah Doni Salmanan: Sebelum Jadi Sultan, Pernah Jadi Kuli hingga Office Boy


Naviri Magazine - YouTuber Doni Salmanan terkenal di media sosial. Hal itu karena kebaikannya yang membagikan uang di jalan, hingga donasi Rp 1 miliar ke Reza Arap.

Atas aksi bagi-bagi uangnya, Doni Salmanan bahkan sampai dipanggil sultan oleh warganet. Dia sebenarnya tak mempermasalahkan hal tersebut, tetapi ia agak sungkan dengan panggilan ini.

"Aku maunya dipanggil kang Doni saja. Karena Sultan itu sudah berpenghasilan Rp 30 miliar per bulan. Tapi buat seru-seruan aja sih nggak apa-apa," kata Doni Salmanan di kanal YouTube Langit Entertainment.

Doni Salmanan berkisah, sebelum sukses seperti sekarang, hidupnya terbilang sulit. Lelaki yang bekerja di bidang trading ini bahkan bukan dari keluarga kaya di Bandung.

Lalu, seperti apa masa lalu pilu yang dialami Dony Salmanan? Berikut lima diantaranya:

Diejek saudara

Sebelum menjajaki kesuksesan, Doni Salmanan pernah diejek oleh saudaranya. Perkara mengendarai motor Supra X saja, ia disebut sombong.

"Ada salah satu saudara saya, suaminya itu sensitif banget sama saya. Dulu motor saya itu Supra X, kalau lewat rumahnya diolok-olok. Ngomong ke saya, 'Jangan sombong, motor baru Supra X aja udah sombong banget'. Kejadian itu sudah beberapa kali," kenang Doni Salmanan.

Dipukuli tapi tak bisa melawan

Doni Salmanan yang terus mendapat ejekan dari saudaranya, tak bisa lagi menahan emosi. Ia sempat meluapkan amarah, namun berujung pada penganiayaan.

"Di situ, saya marah. Ngegas aja di pinggir rumah. Terus dia samperin dan pukul saya di bagian kepala dan dipisahkan sama ibu, ayah," katanya.

Orangtua Doni Salmanan tak bisa melawan. "Kami sadar keluarga nggak punya. Orang itu juga bos dari bapak saya," imbuhnya.

Menjadi kuli bangunan

Meski diremehkan saudara, Doni Salmanan tak mau patah semangat. Ia mencoba bekerja sebagai kuli bangunan.

"Pernah jadi laden yang ngaduk semen, bawain bata," kata Dony Salmanan.

Berkat pekerjaan itu, Doni Salmanan mendapatkan teman sejati yang selalu ada untuknya di saat suka maupun duka.

Cicipi pekerjaan sebagai office boy

Bukan hanya sebagai kuli bangunan, Doni Salmanan juga pernah mencicipi pekerjaan office boy.

Ia bekerja dengan rajin sambil terus berpikir bahwa tidak mungkin selamanya ia seperti itu. Sebab, harus ada orangtua yang dibiayai, belum lagi jika menikah dan punya anak.

Sulit mencari uang Rp 10 ribu

Kehidupan sulit Doni Salmanan dibuktikan dengan usahanya mendapatkan uang. Jangankan mengantongi miliaran rupiah, untuk meraih puluhan ribu saja butuh usaha keras.

"Dulu mah nyari duit Rp 5 rebu - Rp 10 rebu aja susah. Duit tiga rebu teh diapik-apik," katanya.

Bahkan untuk rokok saja, Dony Salmanan berbagi dengan teman-temannya. "Dari zaman parkir, rokok sebatang dikelilingin," ucapnya.

Related

Figures 336135492681524934

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item